24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jembatan Holtekamp Sangat Bermanfaat Untuk Warga Papua

BatasNegeri – Jembatan Holtekamp menjadi ikon baru bagi kota Jayapura. Selain karena desainnya yang indah, jembatan ini juga memiliki beragam manfaat untuk warga Papua.

Kepala Pelaksana Proyek Jembatan Holtekamp Sunardi mengatakan, bila Jembatan Holtekamp terhubung, maka bisa membantu perpindahan penduduk dari kota menuju wilayah perbatasan.

“Jembatan ini sangat membantu sekali masyarakat untuk perpindahan penduduk dari Kota Jayapura menuju Skouw. Jadi itu sangat signifikan,” katanya kepada awak media, Jumat (7/9/2018).

Dia memperkirakan, dengan melewati Jembatan Holtekamp maka waktu perjalanan dari kota ke perbatasan yang ada di wilayah Skouw akan sangat terpangkas. Akan jadi lebih cepat nantinya bila melewati jembatan ini.

“Jarak tempuh ke Skouw. Itu bisa memotong waktu kira-kira dua jam. Dari 2,5-3 jam jadi setengah jam,” kata dia.

Lebih dari itu, selain memperlancar konektivitas, jembatan ini akan mendorong pengembangan wilayah Kota Jayapura ke timur yakni ke arah Skouw. Hal ini juga ditunjang dengan pengembangan kawasan perbatasan Skouw sebagai pusat ekonomi baru.

“Ketiga adalah mungkin untuk membantu perekonomian ya, jadi dengan adanya jembatan ini dari Skouw, dari Koya, bahan-bahan makanan, sayuran, bisa lebih efektif (logistik lebih cepat). Jadi lebih dekat lagi (efisien)” tuturnya.

(detik.com)