17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pendidikan di Kota dan Perbatasan Harus Seimbang

BatasNegeri – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menegaskan, kualitas pendidikan di perbatasan Kaltara ini tidak boleh kalah bersaing dengan kualitas pendidikan di wilayah perkotaan.
Terkait, masih banyaknya sarana dan prasarana pendidikan yang belum terpenuhi, itu seharusnya menjadi tanggung jawab dari pemerintah sendiri. Selain itu, mengenai jumlah tenaga pendidik di wilayah perbatasan yang juga dinilai masih kurang, seharusnya juga menjadi perhatian penting guna meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi ke-34 ini.
“Pendidikan di perbatasan itu tidak boleh kalah. Ini yang harus menjadi perhatian kita bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan kita. Sarana prasana dan tenaga pendidik, harus ada perhatian serius dari semua kalangan. Kalau perlu, tenaga pendidik ini diberikan fasilitas sebagai kepedulian negara sama mereka. Kan kasian, mengabdi di perbatasan yang harus serba terbatas,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kaltara, Ambo Intang.
Menurut dia, penyebab tenaga pendidik di daerah perbatasan sangat minim bisa jadi karena status mereka non Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain itu, akses yang sulit juga menjadi alasan lainnya. Selain itu, ia juga menegaskan kepada pihak pemerintah untuk lebih memperhatikan persoalan jaringan telepon seluler.
“Sinergitas pemda dan pemerintah pusat seharusnya dibangun dalam menyelesaikan persoalan itu,” tegasnya.
Untuk itu, lanjut dia, pendidikan di daerah-daerah perbatasan ini harus menjadi catatan penting yang harus segera diberikan solusi. Apa yang menjadi kebutuhan demi meningkatnya pendidikan di perbatasan harus segera dipenuhi.
“Kita berharap, apa yang menjadi kebutuhan demi meningkatkan kualitas pendidikan di Kaltara ini bisa segera dipenuhi. Ini menyangkut dengan generasi muda kita yang semakin handal. Apabila mereka (generasi muda) tidak berpendidikan, maka SDM kita ke depannya juga tidak akan berkualitas,” tutupnya.[*] 

(korankaltara.com)