17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Erzan Umar, Kepala Desa Teladan Dari Perbatasan

BatasNegeri – Desa Bungkang merupakan salah satu yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Sarawak Malaysia. Seorang anak negeri di Perbatasan Indonesia-Malaysia yang dalam dirinya mengabdi dan mendedikasikan diri untuk masyarakat, membantu masyarakat serta berkeinginan ingin melakukan perubahan yang lebih baik untuk kampung halaman serta menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat dan negara.

Adalah Erzan alias Erzan Umar, Kepala Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Dirinya telah membangun 2 (dua) Paud (Pendidikan Anak Usia Dini,red) sekaligus di Dua Dusun 1, Dusun Berungkat dengan Nama Matahari Harapan Bunda, terbesit dihati membangun Paud tersebut karena miris melihat anak-anak menumpang terus di salah satu bangunan milik masyarakat setempat kurang lebih tiga tahun.

Dengan gigih Kades Erzan mengadakan sosialisasi bersama orang tua murid dan seluruh masyarakat Desa Bungkang untuk segera merealisasi pembangunan Paud tersebut mengingat demi lancarnya dunia pendidikan tingkat anak-anak terkhusus di Desa Bungkang Perbatasan Indonesia – Malaysia.

Selanjutnya, untuk bangunan Paud ke 2 (dua) di Dusun Bantan, Desa Bungkang Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau dengan Nama Matahari Baru Wirasada, adapun pembangunan Paud di 2 (dua) Dusun Berungkat dan Dusun Bantan, Desa Bungkang tersebut dilaksanakan dalam waktu dua tahun anggaran mulai dari tahun anggaran 2017.

Kemudian, untuk 1 Gedung Paud tersebut tahap pertama tahun 2017 total anggarannya Rp 70 juta untuk membangun pondasi (lantai, kerangka, atap, dua buah toilet/wc, dan teras).

Sedangkan untuk pembangunan lanjutan penyelesaian pembangunan gedung sekolah Paud tersebut ditahun 2018 ini total anggarannya + Rp.152 juta untuk 1 Paud dan lengkap dengan fasilitas belajar mengajarnya termasuk kursi dan meja belajar anak-anak Paud, kursi dan meja guru, papan tulis, lemari dan instalasi listrik.

Kepada Lapan6online.com, Kades Erzan mengatakan,”Alhamdulilah kita sudah bangun lengkap semua sumber dana dari dana desa total anggaran sampai selesai lengkap dengan sarana prasarana dan toilet/wc, tersebut + Rp 223 juta dengan ukuran bangunan 14 x 6 plus teras, 3 x 4 plus toilet dua buah untuk 1, Paud dusun Berungkat dan Dusun Bantan, Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, “ jelas Erzan, pada Rabu (19/09/18).

Dalam kesempatan tersebut, Kades Erzan mengajak Tim Lapan6online.com langsung di area Pembangunan Paud tersebut,”Di Desa Bungkang ada dua Paud yang kita bangun ini untuk memaksimalkan penguatan pendidikan bagi anak-anak kita yang usia dini di desa perbatasan khususnya di desa bungkang ini dan umumnya desa-desa lain di Kalimantan Barat untuk bisa memotivasi seluruh kades- kades di Desa Perbatasan khususnya di Kecamatan Sekayam, Entikong umumnya di desa lain di wilayah Kalimantan Barat,“ harap Kades Erzan.

Untuk mengenal lebih jauh sosok Erzan alias Erzan Umar, Kepala Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Simak bincang-bincang Kades Erzan dengan Saepul dan Ayep Saparudin (Tim Redaksi Lapan6online.com wilayah Entikong, Kalimantan Barat) pada Rabu, 19 September 2018 di kantor Kades Erzan. Berikut petikannya :

Sejak tahun berapa menjadi Kepala Desa Bungkang ?
Saya menjadi Kepala Desa Bungkang sejak pertengan tahun 2013, tepatnya tanggal 21 Juni 2013 s/d 21 Juni 2019.

Atas dasar apa mau menjadi Kepala Desa ?
Secara garis besarnya niat dan keinginan untuk mengabdi dan mendedikasikan diri untuk masyarakat, membantu masyarakat serta berkeinginan ingin melakukan perubahan yang lebih baik untuk kampung halaman serta menyelenggarakan pelayanan prima kepada masyarakat.[*] 

(lapan6online.com)