17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Suguhan Panorama Alam Kapuas Hulu di Festival Danau Sentarum

BatasNegeri – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar Festival Danau Sentarum Betung Kerihun yang akan diselenggarakan pada 25-28 Oktober 2018 di Kecamatan Batang Lupar. Persiapan sudah mencapai 90 persen.

“Untuk pelaksanaan Festival Danau Sentarum tidak ada perubahan tetap akan diselenggarakan pada 25-28 Oktober, sekarang kami masih melakukan berbagai persiapan,” kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata Kapuas Hulu, Junaidi di Putussibau, Kapuas Hulu.

Ia mengatakan Festival Danau Sentarum itu akan dikemas sedemikian rupa dalam mempromosikan potensi wisata dan kearifan lokal masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sentarum.

“Tujuan pelaksanaan Festival Danau Sentarum itu yang utama mempromosikan potensi wisata alam Kapuas Hulu yang memiliki khas dengan kearifan lokal dan disukai dunia,” kata Junaidi.

Dalam agenda Festival Danau Sentarum itu, kata Junaidi, ada beberapa kegiatan yang diperlombakan. Di antaranya lomba sumpit dan pangkak gasing, lomba perahu naga dan sejumlah perlombaan tradisional sesuai kearifan lokal.

Bahkan pada Festival Danau Sentarum juga akan dilaksanakan kontes ikan arwana, bersepeda di jantung Borneo, pameran produk masyarakat, parade perahu tradisional, duta Danau Sentarum serta berbagai kegiatan lainnya.

Menurut Junaidi, pada saat hiburan rakyat Festival Danau Sentarum panitia juga akan mendatangkan artis ibu kota. “Kapuas Hulu akan memperlihatkan panorama alam yang mempesona serta kearifan lokal yang tidak dimiliki oleh daerah lain bahkan oleh negara lain,” kata Junaidi.

Ia akan mengajak seluruh masyarakat dan semua pihak untuk dapat bersama-sama mensukseskan Festival Danau Sentarum itu. Ia menyebutkan beberapa tamu penting dari negara tetangga juga akan menghadiri Festival Danau Sentarum termasuk pejabat pemerintahan baik itu provinsi maupun pemerintah pusat. “Mari kita sukseskan Festival Danau Sentarum sehingga memberikan kesan dan kerinduan bagi siapa pun yang berkunjung ke Kapuas Hulu,” ucap Junaidi.

Danau Sentarum merupakan kawasan taman nasional yang menjadi jantung Borneo dan paru-paru dunia, yang berada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu.[*]

Sumber : msn.com