17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Siswa Sekolah Dinas Staf Luar Negeri Observasi di Perbatasan

BatasNegeri – Kalimantan Utara mendapatkan kehormatan untuk pertama kalinya dikunjungi siswa Sekolah Dinas Staf Luar Negeri (Sesdilu) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Sebanyak 32 siswa dari Sesdilu Kementerian Luar Negeri tiba di Kalimantan Utara sejak Senin (5/11). Calon diplomat angkatan 62 ini datang ke Kalimantan Utara bukan hanya untuk belajar, tetapi juga melakukan observasi persoalan yang ada di daerah perbatasan.

Salah satu persoalan yang menjadi perhatian observasi mereka adalah hak pendidikan bagi warga perbatasan. Sebelum ke Sebatik, Nunukan, tempat sekolah tapal batas dan berkunjung ke Konsulat Jenderal RI di Tawau, Malaysia, rombongan yang dipimpin Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenlu, Yayan G.H. Mulyana dan didampingi oleh Direktur Sesdilu M. Aji Surya bertemu pihak Pertamina Asset 5.

“Dengan melihat perbatasan para Sesdilu ini mampu menganalisa berbagai persoalan dan melakukan koordinasi untuk menyelesaikanya. Mereka bisa melihat seperti apa sih perbatasan Indonesia dengan negara tetangga, Bagaimana situasinya sehingga bisa melakukan observasi masalah,” ujar Field Manager Pertamina EP Tarakan Adi Herusakti, Selasa (6/11).

Selama berada di Kaltara, selain mengunjungi sekolah tapal batas di Nunukan, siswa Sesdilu juga akan melakukan dialog dengan mahasiwa di Universitas Borneo Tarakan.[*] 

(prokal.co)