24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Wakil Bupati Kapuas Hulu bersama Forum Bela Negara di Halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Foto-Antara)

Pesan Dari Perbatasan: Bela Negara, Tidak Memandang Suku dan Agama

BatasNegeri  Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero menegaskan, Bela Negara merupakan tanggungjawab bersama. Untuk itu, diperlukan peran seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI dan menegakkan ideologi serta membangun negara Indonesia.

“Bela Negara tidak memandang suku dan agama, tapi tanggungjawab kita bersama,” katanya seusai memimpin Apel Peringatan Hari Bela Negara 2018, di Halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Rabu (19/12/2018).

Seluruh elemen masyarakat, dikatakannya diminta untuk membela negara, bahkan melampaui tugas dan wewenangnya.“Apalagi kita ini berada di wilayah perbatasan,” ungkapnya.

Wilayah perbatasan, kata Anton, selain diperlukan pembangunan dalam bentuk fisik, juga diperlukan pembangunan spiritual dan mental.

“Negara kita ini adalah negara yang besar, terdiri dari berbagai suku dan bangsa,” ucapnya.

Disampaikan Antonius, khusus di Kapuas Hulu yang merupakan kabupaten berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, seluruh masyarakat masih setia terhadap NKRI.

Ketua Forum Bela Negara Kapuas Hulu, Yusuf Habibi berharap, agar masyarakat mengamalkan pancasila dan memiliki kemauan dasar untuk membela negara.

“Jadi sewaktu-waktu ketika negara memerlukan, kita siap untuk membela negara,” katanya.

Nilai-nilai kecintaan terhadap negara harus terus dibangkitkan, khususnya kepada warga perbatasan.[*] 

suarapemredkalbar