28 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jokowi Bangga IHSG Indonesia Terbaik Ke 2 di Dunia

BatasNegeri – Dalam Penutupan perdagangan Pasar Modal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan torehan indeks harga saham gabungan (IHSG) Indonesia menjadi terbaik ke dua di dunia.

“Tadi saya disampaikan oleh Pak Ketua OJK (Wimboh Santoso), saya tadi sudah pegang bisikan bahwa indeks harga saham kita saat ini merupakan yang terbaik kedua di dunia terkait kinerja bursa saham utamanya,” kata Jokowi saat acara penutupan perdagangan bursa saham Indonesia, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Jokowi juga menyuarakan rasa optimisme kepada seluruh stakeholder agar pasar modal nasional terus mengalami perbaikan.

“Karena kita melihat capaian bursa efek Indonesia tahun ini sesuai dengan target IHSG-nya di atas 6.000 sebentar lagi diharapkan bener bener di atas 6.000,” ujar dia.

Selanjutnya, Jokowi juga mengungkapkan bahwa kinerja bursa efek Indonesia selama satu tahun penuh di 2018 cukup baik meskipun ketidakpastian global masih memberikan dampak.

“Termasuk juga berbagai pasar modal di dunia masih bergejolak dengan kondisi eksternal yang pengaruhi kondisi psikologis pasar kita,” ungkap dia.

Seperti diketahui, IHSG mengalami penurunan 2,54% dibandingkan akhir tahun lalu. Rata-rata bursa di dunia memang mengalami koreksi tahun ini.

Namun ada beberapa bursa yang masih tumbuh positif, misalnya India yang naik 5,32% (hingga perdagangan kemarin) juga Brasil yang melesat 11,43%.

Selain itu, masih ada juga Qatar tumbuh 20,36%, Rusia 10,43%, Saudi Arabia 7,37% dan Norwegia 0,42%. Sementara Bursa Indonesia masih mencatat pertumbuhan minus.

Dengan demikian pernyataan Jokowi tidak sejalan dengan data bursa yang ada. detikFinance akan mencoba mengkonfirmasi pernyataan ini langsung ke Jokowi atau melalui OJK dan BEI. Tunggu berita selanjutnya.[*]

detik.com