12 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Guru Garis Depan Jadi PNS

BatasNegeri – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyerahkan SK Pegawai Negeri Sipil (PNS) 100 persen kepada sepuluh guru garis depan tingkat SMA dan SMK yang bertugas di daerah perbatasan.

Penyerahan SK tersebut berlangsung pada saat apel perdana 2019, Kamis (3/1/2019) pagi tadi di halaman Kantor Gubernur Sulut.

“Tugas mereka bukan sekadar mengajar bagi siswa-siswa yang ada di daerah perbatasan, tetapi mereka harus memberikan motivasi yang baru agar masyarakat yang ada di kepulauan betul-betul ada perubahan yang besar,” ucap OD.

Menurutnya, sekarang ini pemerintah provinsi ada program edukasi anak negeri.

“Jadi bagaimana mengajarkan sesuatu diluar pendidikan bukan hanya orang yang bersekolah tapi masyarakat juga sekitar bisa melakukan edukasi sehingga ada potensi-potensi yang baru yang selama ini belum tergali kita bisa munculkan,” tambahnya menjelaskan.

Lanjutnya, program ini merupakan program pusat dari bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi untuk menugaskan langsung mereka (guru garis depan, Red) ke daerah perbatasan.

“Kebetulan dari 10 guru garis depan ini ada orang Minahasa yang ditugaskan pak Presiden Jokowi untuk mengajar di daerah perbatasan,” tutupnya.

Berikut sepuluh guru garis depan yang menerima SK PNS/SK 100 persen:

Jayadi SMA N 2 Tabukan Utara

Jusup Sigalingging SMK N 6 Talaud

I Kadek Purnawan SMK N 1 Pintareng

Mabruri SMA N 2 Gemeh di Bannada

Helida Gusti SMA N 1 Tampan’Amm

Megawati SMK N 2 Talaud

Agustinus Tanggur SMA N 2 Tabukan Utara

Wehelmia Amalo SMA N 1 Nanusa

Maya Oktaviyani SMK N 2 Talaud

Fransisca Rasu SMA N 1 Nanusa.[*]

 (Manadopostonline)