24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Polisi Indonesia dan Polisi Diraja Malaysia Patroli Bersama di Perbatasan

BatasNegeri – Polsek Sebatik Barat melakukan patroli bersama dengan Polis Diraja Malaysia (PDRM) di wilayah perbatasan. Hal ini disampaikan Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro S.I.K MH melalui Kasubbag Humas Iptu M. Karyadi.

Usai melakukan apel, kata M. Karyadi, personel Polsek Sebatik Barat melakukan persiapan menuju Desa Sei Limau Kecamatan Sebatik Tengah dan langsung melaksanakan rendezvous atau pertemuan bersama PDRM (Balai Polis Bergosong) dengan titik temu antara Patok 7 dan Patok 8. Selanjutnya dilaksanakan koordinasi terkait permasalahan yang terjadi di perbatasan.

Kegatan itu juga dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di perbatasan NKRI-Malaysia. “Polri (Polsek Sebatik Barat) dan PDRM (Balai Polis Bergosong) akan bersama-sama mencegah perlintasan ilegal, peredaran narkotika dan TKI ilegal,” jelasnya kepada benuanta.co.id, Ahad, 13 Januari 2019.

Selain itu, kegiatan ini juga dalam upaya menjalin silaturahmi dan sharing informasi terkait dengan potensi kerawanan gangguan Kamtibmas antar kedua Negara. Patroli bersama ini akan dilaksanakan secara rutin dan menyesuaikan waktu kedua belah pihak (Polri-PDRM).

Dalam kegiatan itu, Tim Patroli Gabungan bersama menyusuri garis batas dengan cara berjalan kaki dan naik kendaraan roda dua dan empat. Setelah tiba di Patok 4, Kampung Rambutan, RT 07, Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, yang merupakan perbatasan kedua negara, dilaksanakan pertemuan antar tim gabungan.

Dari kegiatan itu, Karyadi berharap tertanam jiwa nasionalisme personel Polri, khususnya Polsek Sebatik Barat demi menjaga dan memelihara Kamtibmas di perbatasan NKRI. “Dengan dilaksanakannya patroli bersama antara Polri dan PDRM, dapat terjalin komunikasi serta akan membawa dampak positif dan dapat sharing informasi dalam rangka mencegah dan menanggulangi tindak pidana, khususnya kejahatan transnasional,” harap Iptu M. Karyadi.[*]

benuanta