24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kemendag Akan Atur Ekspor-Impor di Perbatasan

BatasNegeri – Demi mempercepat perdagangan di kawasan perbatasan negara, Kementerian Perdagangan akan segera menerbitkan peraturan tentang ekspor dan impor di perbatasan negara sesuai dengan tuntutan kawasan perbatasan. Yang akan mengatur percepatan berkaitan dengan pengelolanya, sekaligus akan mengatur pengelolaannya.

Hal tersebut mengemuka saat Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Direktorat Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Olvy Andrianita,S.E. menyampaikan paparan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2019 Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Senin (28/1/19).

Melalui Permendag itu, 3 pengelola ekspor di Kalimantan Barat akan didorong. Sementara impor akan dikelola oleh Bumdes dan Kemendag akan berkoordinasi secara intens untuk pengelolaannya.

Selain itu Kemendag akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait pembangunan pelabuhan di wilayah perbatasan. Sehingga selain membuka hubungan perdagangan dengan negara tetangga, pelabuhan dagang pun harus dioptimalkan.

“Seperti dikatakan Menkopolhukam, banyak lubang tikus di perbatasan negara kita sekitar 1400 titik. Arahan dari beliau, disamping kelancaran arus barang, tentu hal lain yang harus diperkuat adalah pengawasan,” jelas Olvy.

Selain itu, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu. Juga sarana dan prasarana penunjang di kawasan perbatasan, seperti di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur.[*]

(antaranews.com)