24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Entikong Butuh Rumah Singgah Untuk TKI

BatasNegeri – Entikong belum memiliki rumah singgah untuk menaungi sementara dan memberikan pelatihan bagi para TKI yang akan berangkat ke luar negeri maupun yang pulang ke tanah air.

Selama ini para pekerja migran mendapat penanganan, pemulihan dan pembekalan TKI di Unit Latihan Kerja Indonesia (ULKI) Entikong karena tidak adanya rumah singgah di perbatasan.

“Rumah singgah sampai sekarang belum ada di Entikong, karena kebanyakan TKI yang lewat sini berasal dari luar daerah. Disini hanya tempat transit,” ungkap Sekretaris Camat Entikong, Kosmas Yul, Senin (22/4/2019).

Menurutnya, rumah singgah sangat dibutuhkan karena banyak TKI dari luar daerah yang transit di Entikong. Keberadaan rumah singgah tersebut, imbuhnya, bisa dimanfaatkan oleh TKI untuk tempat tinggal sementara sembari menunggu dokumen selesai.

“Ataupun kalau ada pemulangan rumah singgah ini bisa menjadi tempat pemulihan TKI, termasuk juga kalau ada yang sakit bisa ditampung sementara di rumah singgah atau homestay itu,” ujarnya.[*]

(rri.co.id)