17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pembangunan Jalan di Pedalaman Masih Pada Tahap Pelelangan

BatasNegeri – Kepala Dinas PUPR Perkim Malinau Tomi Labo menegaskan bahwa progres pembangunan jalan di pedalaman dan perbataan masih tahap proses lelang.

“Masih proses lelang. Begitu juga untuk anggaran multiyears seperti jalan poros nasional juga masih lanjut,” ungkap Tomi kepada Koran Kaltara, pekan lalu.

Bahkan, kata dia, tahun ini akan ada pembangunan jembatan  di beberapa titik sesuai usulan yang telah diajukan sebelumnya. “Rencananya dalam waktu dekat ini sudah bisa terpasang,” ucapnya.

Selain pemasangan jembatan, kata dia, usai Pemilu akan ada kunjungan dari P2JN Balikpapan untuk meninjau lokasi. “Rencananya bulan ini akan ada kunjungan kerja. Setelah pemilihan Pileg dan Pilpres,” jelasnya.

Menurut dia, P2JN akan meninjau proses jalan di Long Bangun, Sungai Boh, Long Ampung dan Data Dian.

“Jadi mereka akan meninjau langsung progres pembangunan jalan maupun jembatan itu,” katanya.

Bahkan, kata dia, pihaknya melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan melalui anggaran APBD maupun APBN.

“Jadi alokasi pemeliharaan jalan dan jembatan itu dianggarkan sekitar Rp82 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” ungkap dia.

Disamping pemeliharaan, lanjut dia, pihaknya akan melakukan penguatan tebing di kawasan Lidung Keminci. “Tahun ini ada penguatan tebing di Lidung Keminci. Dari segi pembiayaannya sekitar Rp5 miliar,” sebutnya.

Bahkan disinggung mengenai ruas jalan poros yang menuju ke Krayan, kata dia, juga sedang dalam proses pengerjaan. “Dan berdasarkan informasi sebelum ke wilayah pedalaman. Tim juga sekaligus melihat jalan poros itu,” jelasnya.[*]

(korankaltara.com)