17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Palapa Ring Perluas Akses Internet Cepat Hingga Perbatasan Negeri

BatasNegeri – Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, daerah perbatasan Indonesia di kawasan utara tengah mengembangkan ekonomi masyarakatnya. Pertumbuhan ekonomi kawasan yang berbatasan langsung dengan laut Pasifik itu kini ditopang dengan akses telekomunikasi yang lancar. Melalui landing point jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring Paket Tengah di sini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yakin masyarakat Kabupaten Pulau Morotai bisa menggunakan akses jaringan internet sama baik sama dengan kabupaten lain di Indonesia.

“Pak Bupati, jadi kalau ada investor yang mau masuk ke sana, tidak lagi mempersalahkan masalah isu telekomunikasi atau internet, ya karena Morotai tidak berbeda dengan kabupaten lainnya di Indonesia. Karena sudah terhubungan dengan jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi,” ungkap Menteri Kominfo Rudiantara dalam video teleconference dari Jakarta bersama Bupati Pulau Morotai Benny Laos di Kantor Bupati Pulau Morotai, Rabu (20/03/2019) sore.

Menurut Rudiantara, operator telekomunikasi akan segera membangun akses telekomunikasi lebih luas lagi di Kabupaten Pulau Morotai. Selain Palapa Ring, pada akhir tahun 2022,  Proyek Satelit Multifungsi juga akan hadir melengkapi fasilitas layanan publik seperti Puskesmas, sekolah, Kantor Desa dan Koramil hingga Kantor Polsek.

“Kita akan punya satelit pada tahun 2022, prosesnya sudah dilakukan sejak 2 tahun terakhir dan bulan April akan diumumkan pemenangnya. Kita akan menghubungkan titik-titik yang tadi saya sebutkan,” lanjut Menteri Rudiantara.

Bupati Pulau Morotai Benny Laos mengapresiasi program-program pemerintah seperti Palapa Ring. Ia mengatakan pelayanan kesehatan yang sudah gratis 100% di wilayahnya pun sangat mengandalkan akses internet khususnya untuk sistem rawat inap dan rawat jalan.

“Kami melaporkan seluruh akses pelayanan kesehatan alhamdulillah sudah berjalan dengan baik apalagi dengan internet. Di rumah sakit kami memakai sistem software rawat jalan dan sementara install rawat inap,” ucap Bupati Pulau Morotai Benny Laos saat memaparkan layanan publik yang menggunakan internet jaringan kabel serat optik Palapa Ring.

Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, Kementerian Kominfo bersama Badan Akesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI)  akan segera melakukan pilot project sembari menunggu satelit multifungsi hadir sebelum tahun 2022. Menurut Rudiantara, salah satu kabupaten, akan difasilitasi konektivitas internet kecepatan tinggi untuk seluruh fasilitas layanan publiknya. Dan Tim dari BAKTI Kominfo akan segera memilih kabupaten mana yang akan dijadikan pilot project ini.

“Insyaallah akan ada pilot project yang tidak perlu menunggu tahun 2022 untuk dihubungkan konektivitas internet kecepatan tinggi. Nantinya, untuk semua fasilitas Puskesmas, Kantor Desa, Kantor Koramil dan Kantor Polsek di kabupaten tersebut,” tambah Rudiantara.

Selain kabupaten maupun kota yang dibantu percepat pengadaan internet berkecepatan tinggi, Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana pun akan dicoba fasilitasi. Harapannya, akan mempercepat pula penanganan bencana alam di Indonesia.

“Kita membantu mendukung keberadaan BNPB di daerah. Jadi saat kita menangani bencana di Indonesia, kita bisa bekerja lebih baik lagi. Kuncinya lebih cepat lebih baik lagi,” ungkap Rudiantara.

Dalam Video Teleconference, Bupati Pulau Morotai menyampaikan terima kasih atas upaya Pemerintah Pusat membantu pembangunan wilayah Pulau Morotai. Baik dari konektivitas internet sampai listrik hingga air bersih.

“Saya bersama pemerintah dan rakyat Pulau Morotai mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Pak Jusuf Kalla serta Menteri di Kabinet Kerja lainnya dimana kami sebagai beranda terdepan Kabupaten Pulau Morotai, dulu jelek sekarang sudah menjadi cantik. Kami yang terdepan menjadi wajah baru Indonesia di ujung bibir pasifik, dari listrik pun juga sudah terpenuhi,” ungkap Bupati Benny Laos.

Video Teleconference ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Festival Teknologi Palapa Ring yang diselenggarakan di Kantor Bupati Morotai. Sekaligus merayakan hari jadi Kabupaten Morotai ke-10. Festival Teknologi Palapa Ring dimeriahkan dengan beragam acara hiburan antara lain bazzar makanan, doorprize, kuis, senam khas Tobelo, hiburan band hingga mendatangkan penyanyi dangdut.

Sementara dari Jakarta, video teleconference Menteri Kominfo Rudiantara dari Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo Jakarta berlangsung dengan wilayah perwakilan ketiga Paket Palapa Ring, yaitu RSUD Embung Fatima Batam, SKPT Natuna serta Kencana Natuna, Aula GMP Sorong, hingga Kantor Bupati Morotai.

(kominfo.go.id)