17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Sambut HUT RI, Warga Belu Gelar Berbagai Perlombaan

BatasNegeri – Warga Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste menggelar berbagai acara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia(RI) ke-74.

Adapun rangkaian kegiatan meriahkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 meliputi lomba bola kasti antar instansi Pemkab Belu, gerak jalan 8 kilo meter, gerak jalan 17 kilo meter, gerak jalan 45 kilo meter dan karnaval budaya yang diikuti ribuan warga perbatasan.

Kegiatan tahunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Belu tidak saja dilakukan warga di Kota Atambua, tetapi dilaksanakan juga oleh warga yang berada di dua belas Kecamatan perbatasan dengan eks Propinsi ke-27 Timor-Timur sekarang Negara Timor Leste.

Untuk kegiatan lomba bola kasti berlangsung di lapangan umum Atambua sejak pekan lalu. Lomba gerak jalan 8 kilo meter diikuti peserta pelajar SD dan Ibu-Ibu dengan rute mengelilingi Kota Atambua finish di lapangan umum.

Gerak jalan 17 kilo meter diikuti pelajar SMP, SMA dengan rute star dari Desa Tulakadi mengelilingi Kota Atambua finish di lapangan umum. Gerak jalan 45 kilo meter diikuti pelajar SMA, Instansi Pemerintah dan masyarakat umum star dari Lebur rute menuju Kota Atambua dan finish di lapangan umum.

Sementara itu pantaua NTTOnlinenow.com, Rabu (14/8/2019) bertempat di lapangan umum Atambua ribuan warga dari para pelajar tingkat TK/Paud, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah Belu, TNI, Polri, BUMN, BUMD, komunitas ME, organisasi bela diri serta seluruh warga dari berbagai etnis dengan mengenakan pakaian daerah mengikuti karnaval budaya meriahkan HUT RI ke-74 di perbatasan RI-RDTL.

Peserta pawai karnaval terdiri dari anak-anak dan orang dewasa yang terbagi dalam dua rute. Peserta pawai karnaval dilepas Wabup Belu, J.T Ose Luan didampingi Sekda Belu, Petrus Bere Pimpinan Forkopimda yang dihadiri Pimpinan OPD terkait dan tamu undangan lainnya.

Pawai karnaval budaya terbagi dalam dua regu yakni regu anak-anak dan orang dewasa. Rute karnaval mulai dari lapangan umum, rujab Kapolres Belu, pertokoan pasar lama, simpang tiga tugu selamat datang, tugu simpang lima, bundaran gereja Katedral belok kanan simpang tiga meriam finish lapangan umum.

Sementara rute orang dewasa star lapangan umum rujab Kapolres Belu, pertokoan pasar lama, tugu selamat datang, toko Pelita, Tini belok kanan menuju toko Flora lurus tugu PKK belok kiri menuju patung kuda putih belok kanan lampu merah Tualamalae, SMA Suria, lampu merah sentral lurus Gereja Katedral Atambua menuju tugu mariam belok kanan finish lapangan umum. (nttonline)