24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Dok. BatasNegeri

Kampanyekan Papua Damai, Masyarakat Indonesia Timur Gelar “PAPEDA”

BatasNegeri – Komunitas Masyarakat Indonesia Timur di wilayah Propinsi Banten, Sabtu 21 September 2019 menggelar malam kesenian bertajuk “Papua Pentas Damai” (PAPEDA) di Summarecon Mal Serpong.

Acara ini dibuat untuk menyampaikan pesan damai yang dikemas dalam berbagai tarian-tarian dan lagu etnik dari beberapa wilayah di Indonesia Timur. Tarian -tarian tersebut dibawakan oleh mahasiwa asal Indoesia Timur di wilayah Banten.

Pihak Panitia juga mendatangkan beberapa bintang asal Indonesia Timur yang sudah berkiprah di pentas Nasional. Ada Audrey Papilaja dari Maluku yang membawakan lagu-lagu Papua dan Yucan Pandago dari NTT dengan lagu-lagu bertemakan perdamaian.

dok.BataNegeri

Panitia juga menghadirkan beberapa putera-puteri berprestasi asal Papua yang sukses menjadi pilot pada maskapai penerbangan Garuda seperti Vanda Korisano dan pilot wanita Citylink, Martha. Juga beberapa siswa yang sedang menjalani sekolah Pilot. Ini bertujuan agar putera-puteri Indonesia Timur secara khusus Papua bisa mengikuti jejak dari para pendahulunya yang sudah sukses.

Dok. BatasNegeri

Acara yang dikemas meriah ini dihadiri oleh sejumlah besar mahasiswa Indonesia Timur di Banten dan ratusan pengujung mal. Tampak para hadirin sangat menikmati acara-acara yang disuguhkan pihak panitia.

Antusiasme yang tinggi ini seolah membawa pesan bahwa acara bertemakan persaudaraan dan perdamaian seperti ini mesti sering ditampilkan. Suasana persaudaraan dan semangat persatuan membingkai acara ini dari awal hingga selesai.

dok. BatasNegeri

Untuk diketahui bahwa acara PAPEDA ini dibuat atas inisiatif Komunitas Masyarakat Indonesia Timur setelah melihat fenomena anti kebhinekaan berupa insiden rasis dan diskriminasi terhadap mahasiswa asal Papua yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu.[*]