13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Aparat Sweeping Kendaraan di Perbatasan RI-RDTL

BatasNegeri – Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersama Polsek Lamaknen melaksanakan sweeping di jalan Kampung Maliger, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, Selasa (5/11/2019) mengungkapkan, daerah perbatasan rawan penyelundupan.

“Kita ketahui bersama, daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi. Dalam mengelabui petugas, mereka sering memanfaatkan jalur-jalur perjalanan tidak resmi yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen pelintas batas Negara,” katanya.

Dia menerangkan, barang yang sering diselundupkan di antaranya, BBM, Narkoba, minuman beralkohol/minuman keras, sembako, hewan ternak hingga kendaraan.

Sweeping itu dilakukan bersama pihak kepolisian dengan meminta persetujuan Kepala Suku Desa Kewar.

Sementara itu, Sertu Riaddus, Danpos Kewar menyampaikan bahwa kegiatan ini guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat perbatasan.

“Kegiatan sweeping merupakan wujud sinergitas kami bersama Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat perbatasan,” tandasnya.[*]

imcnews