24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

ilustrasi - linetoday

Langgar Aturan di Perbatasan, 3 Warga PNG Ditangkap

BatasNegeri – Tiga warga negara asing asal Papua Nugini tertangkap tangan dalam operasi warga asing di Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Ketiga WNA PNG masing-masing Derigi Kapa, Gami Nejan dan Michael Kapa. Ketiganya ditangkap saat hendak ke Kota Merauke dengan menumpang truk pengangkut material. Kepala Seksi Inteljen Imigrasi Merauke, Rizky menuturkan ketiganya langsung dideportasi ke negara asal oleh Imigrasi Merauke pada Selasa (26/11/2019).

“Berdasarkan keterangan, ketiganya mengaku akan berbelanja akhir tahun dan keperluan natal di Merauke,” kata Rizky kepada wartawan.

Rizky menambahkan, berdasarkan perjanjian lintas batas tradisional tahun 1993, penduduk perbatasan hanya boleh berkegiatan di wilayah perbatasan dan tidak diperbolehkan memasuki wilayah Merauke.

Lanjut Rizky, walaupun ketiganya memiliki boarding pass atau kartu kuning, pengganti paspor, namun sesuai ketentuan, pemegang kartu kuning tak dapat bepergian lebih dari 10 kilo meter dari daerah perbatasan.

“Ketiga warga PNG dikenakan pasal 75 UU nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dan tidak diperbolehkan melakukan aktifitas di wilayah perbatasan, melebihi batas wakytu 10 kilometer dari perbatasan,” ujar Rizky.

Rizky menjelaskan Operasi Gabungan Timpora melibatkan Polsek Sota, Satgas Pamtas Yonif 411, Koramil, pegawai kantor kesehatan pelabuhan, pegawai karantina ikan, pegawai Karantina Pertanian, pegawai distrik Sota.

“Operasi ini pertama kali di papua. Tidak hanya operasi orang asing saja, tapi juga barang bawaan mereka,” ujar Rizky.[*]

kumparan