24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

FOto: zonakapuas

Warga Sintang Antusias Sambut Rencana Pembangunan PLBN Jasa Sungai Kelik

PLBN Jasa Sungai Kelik, sudah masuk dalam Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2019, tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN terpadu dan Sarana Prasana Penunjang di Kawasan perbatasan yang ada di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Bahkan dalam Inpres yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, PLBN Jasa Sungai Kelik masuk urutan ke 3 sangat prioritas setelah PLBN terpadu Jagoi Babang, di Bengkayang.

Semula, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) memutuskan akan membangun PLBN Jasa Sungai Kelik tipe C. Namun, setelah Pemkab Sintang mengajukan keberatan, akhirnya dinaikan menjadi tipe B.

PLBN Jasa Sungai Kelik akan dibangun di atas Bukit Kelingkang, Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalbar.

Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Sekretariat Daerah (Setda) Sintang, Andon mengatakan, targetnya PLBN tipe B ini akan beroprasional tahun 2024.

“Paling lambat operasionalnya 2024. Tahun ini mulai proses pembangunan,” ujar Andon, Senin (10/2/2020).

Antusias Warga

Ketua Kelompok Informasi Masyarakat Perbatasan (KIMTAS), Ambresius Murjani menyambut baik rencana pemerintah pusat membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu.

Menurut Murjani, dengan berdirinya PLBN, otomatis segala yang berkenaan dengan kegawatdaruratan infrastruktur yang selama ini dirasakan oleh masyarakat di perbatasan perlahan akan teratasi.

“Sangat baik, khususnya bagi masyarakat di daerah perbatasan. Dengan berdirinya PLBN Sungai Kelik, maka segala yang berkenaan dengan infrastruktur dasar dari kabupaten ke tempat PLBN akan sangat baik,” ujar Murjani.

Selain itu, kehadiran PLBN menurut Murjani juga akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi masyarakat yang ada di sekitar PLBN.

Nilai tambah tidak hanya dari sekadar infrastruktur, tapi juga dari sisi ekonomi.

Imbas lainnya, masyarakat juga diharapkan dapat dampak positif dibangunya PLBN, dengan adanya peluang kerja bagi masyarakat setempat. Murjani berharap, jangan sampai masyarakat di sekitar PLBN hanya dijadikan penonton saja.

“Setidaknya memberikan peluang bagi masyarakat untuk bekerja di PLBN nya sesuai dengan keperluan dan standar yang diperlukan. Jangan sampai masyarakat sekitar PLBN hanya bisa dijadikan penonton saja. Kita siap SDM untuk berkompetisi,” ujar Murjani.[*]