13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit

Kapolda Kaltara Ajak Warga Perbatasan Implementasikan Nilai Pancasila

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit mengajak masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai pemersatu bangsa harus terus disosialisasikan dalam segala bentuk dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Menurut dia, Pancasila sebagai sebuah ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi landasan nilai dan prinsip yang terus mengalir bagi setiap generasi penerus bangsa.

“Pancasila perlu diimplementasikan dalam kehidupan dengan segala perkembangan dan dinamika komunikasi di masyarakat,” ujar Kapolda kepada Koran Kaltara.

Menurut Kapolda, berada di beranda perbatasan Indonesia, masyarakat Kaltara harus bangga dengan memegang semangat pancasila. Sehingga masyarakat harus tetap mempertahankan ideologi Pancasila guna menjaga bangsa dan negara Indonesia dari pengaruh intoleran yang memecah belah persatuan dan kesatuan. Ideologi Pancasila telah mewariskan nilai gotong-royong yang terpelihara dengan baik dari para pendahulu bangsa sampai detik ini.

“Mari kita jaga dan kawal ideologi bangsa kita ideologi Pancasila agar tidak mudah dipengaruhi oleh berbagai kepentingan dari luar yang bertujuan memecah belah. Walaupun kita berada diperbatasan, semangat pancasila harus tetap kita tingkatkan,” ujarnya.

Selain kepada masyarakat, Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh personelnya untuk setia pada NKRI. Seluruh jajaran korps bhayangkara di Kaltara diminta untuk selalu memupuk nilai-nilai Kebangsaan, serta memperkuat kesadaran Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah nilai-nilai yang tidak bisa tergantikan. Tidak hanya itu, Kapolda juga mengingatkan agar seluruh personel kepolisian harus bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Kita pasti akan terus di hadapi dengan segala tantangan kedepannya. Saya sudah sampaikan kepada seluruh personel, agar bisa menjaga citra kepolisian yang sudah dianggap baik oleh masyarakat. Tanamkan jiwa pancasila sebagai anggota kepolisian,” tutupnya.[*] 

korankaltara