13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI Dan Polri di Perbatasan Semprotkann Disinfektan di Sota

Pandemi Covid-19 juga mulai menjangkiti wilayah Papua. Karena itu, Pasi Intel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin menyatakan pandemi Covid-19 harus secepat mungkin dilakukan langkah antisipasi.

Salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan yang dilakukan bersama sinergitas TNI-Polri dan Jajaran Bea Cukai di Sota, salah satu pos lintas batas negara Indonesia-Papua New Guinea (PNG).

“Hari ini, kami lakukan disinfektasi di wilayah perbatasan RI-PNG, tepatnya di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua,” tulis Lettu Inf Asep dalam siaran pers diterima, Selasa (24/3/2020).

Asep menjelaskan, giat ini diawali dengan apel pagi bersama di halaman Puskesmas Sota yang dipimpin Danramil 1707-16/Sota, Mayor Inf Daniel Ngilawane. Kemudian, cairan disinfektan dibuat manual dari campuran Bayclin.

“Kami secara bersama-sama berkeliling melakukan penyemprotan disinfektan di Puskesmas, kantor-kantor instansi pemerintah, Koramil, Polsek, Pos Satgas Pamtas, Tugu Titik Nol Km Merauke-Sabang dan tempat lainnya,” terang Lettu Inf Asep.

Ditambahkan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, giat disinfektasi merupakan wujud sinergitas dalam rangka bersama-sama mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di wilayah perbatasan. Menurut dia, Bupati Merauke Frederikus Gebze juga telah menetapkan daerahnya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona.

“Melalui kegiatan ini kita bersama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19, agar tidak mewabah di perbatasan khususnya di wilayah Distrik Sota,” ujar Mayor Inf Rizky.[*]

liputan6.com