24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

BLT Dana Desa Sudah Tersalurkan ke 44 Ribu Desa

BatasNegeri – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa telah tersalur ke 44 ribu desa. Ini setara dengan 74 persen dari 59.453 desa yang telah menerima transfer.

“Kami memang berkejaran dengan dana desa yang tersalur ke desa, agar segera dibelanjakan sebagai BLT dana desa,” kata Halim dalam keterangan tertulis, Sabtu, 23 Mei 2020.

Halim mengatakan, dalam sehari terakhir penyaluran BLT dana desa telah berlangsung di 7.023 desa. Bantuan itu diberikan kepada 4.522.552 keluarga miskin. Adapun nilai yang disalurkan ialah Rp 2,71 triliun.

Halim memaparkan, desa yang siap menyalurkan BLT dana desa ditandai dengan selesainya musyawarah desa khusus. Forum itu dilakukan untuk menetapkan keluarga penerima manfaat (KPM) BLT dana desa. Setelah daftar diumumkan, dana desa siap dibadikan kepada KPM.

Menurut Halim, hingga hari ini sudah 59.238 desa yang telah menggelar musdes khusus. Data ini setara dengan 99,6 persen dari total desa yang telah mendapat transfer dana desa. Dia mengklaim, dalam sehari tercatat musyawarah dilakukan oleh 2.734 desa.

Kementerian, kata Halim, juga bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk mempermudah penyaluran BLT dana desa kepada masyarakat. Selain deregulasi oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri juga diminta memfasilitasi para bupati dan wali kota yang kesulitan mempercepat penyaluran BLT dana desa.

Halim pun berharap penyaluran BLT dana desa rampung 100 persen hingga akhir Mei 2020. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap para bupati dan wali kota melepas sepenuhnya percepatan penyaluran BLT dana desa kepada setiap desa.

“Jangan dihambat dan jangan banyak aturan. Mudah-mudahan KPM yang mau nerima BLT bisa memanfaatkannya sebelum lebaran,” ujar dia. (tempo)