24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pesan Jokowi Untuk Capaja TNI-POLRI, Konsisten Pada Ideologi Negara, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

BatasNegeri – Presiden Jokowi memberikan sambutannya secara virtual dalam pembekalan calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri pada tahun 2020, Rabu (8/7).

Salah satu hal yang ditekankan pada para capaja TNI-Polri ini yaitu sikap konsistensi yang harus dipegang terhadap ideologi negara, yakni Pancasila, NKRI hingga Bhinneka Tunggal Ika. Jokowi juga ingin mereka bersikap sebagai seorang ksatria.”Saya ingatkan saudara-saudara harus konsisten terhadap ideologi negara, Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, konsisten pada tujuan-tujuan besar bangsa, memiliki jiwa ksatria dan pantang mundur,” kata Jokowi.

Tak hanya itu saja, dia menegaskan semuanya harus selalu bersikap optimistis serta menunjukkan nilai persaudaraan yang dapat membantu satu dengan lainnya. Jokowi menekankan agar semua memberikan pelayanan yang baik pada rakyat Indonesia.”Selalu optimis pada kejayaan dan kemajuan bangsa selalu merawat semangat kesatuan persaudaraan dan gotong royong. Harus memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat bangsa dan negara,” ujarnya.”TNI dan Polri harus selalu bersatu dalam menghadapi tantangan dan ancaman bangsa,” lanjutnya.

Jokowi lantas menyadari perjuangan untuk menjadi bagian dari perwira TNI dan Polri memang tak mudah. Hanya orang-orang terpilih yang bisa menjadi bagian dari mereka. “Saya tahu untuk mencapai pada tahap sekarang ini para calon perwira remaja TNI dan Polri telah ditempa selama 4 tahun, telah ditempa dengan kedisiplinan tinggi dengan keahlian dan keterampilan yang mumpuni, dengan karakter kepemimpinan yang kokoh tiada tanding,” ujarnya.”Untuk bisa lolos dari tempaan itu enggak mudah. Bahkan sangat-sangat sulit,” imbuhnya.

Untuk itu dia cukup berharap banyak bagi mereka yang lada akhirnya sampai pada tahap ini. Khususnya dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan. Sehingga, bisa dilewati dengan baim.”Saudara-saudara adalah generasi muda terpilih, calon pemimpin masa depan menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat dan saya yakin saudara-saudara sangat siap menghadapi tantangan itu,” pungkasnya. (kumparan)