17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Prajurit Mekanis 413 Divif 2 Kostrad Latihan Tempur di Saat Karantina

BatasNegara – Prajurit TNI yang bertugas menjaga perbatasan Indonesia – Papua Nugini menjalani lantihan tempur di Rindam XVII Cenderawasih. Padahal mereka sedang menjalani masa karantina untuk mencegah penularan virus corona.

Para personel ini dari satuan Mekanis 413 Divif 2 Kostrad. Sebanyak 450 orang prajurit TNI ini akan menggantikan Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini, yang sudah bertugas sebelumnya, yakni dari Yonif 713/Satyatama Gorontalo.

Komandan Satgas Pamtas, Mayor Inf Anggun Wuryanto mengatakan, mereka sudah menjalani rapid test begitu sampai di Kota Jayapura. Semuanya dipastikan non-reaktif Covid-19, namun mereka tetap harus dikarantina sementara waktu.

“Walaupun dalam kondisi karantina, selain kondisi fisik yang harus tetap terjaga. Kemampuan tempur prajurit juga harus tetap terpelihara, sehingga mereka tetap dapat berlatih,” ujar dia, Minggu (19/7/2020).

Usai menjalani karantina ini, kata dia, para anggota TNI ini akan menuju ke medan tugas. Mereka ditempatkan nanti di dua kabupaten dan 17 pos titik sektor utara Papua.

“Jadi jangan karena judulnya karantina kita di sini tidak berbuat apa-apa, justru waktu yang ada ini kita manfaatkan sebaik mungkin sebelum prajurit sebelum menuju posnya,” katanya.

Menurut dia, justru sebelum terjun ke tempat mereka bertugas nantinya, para prajurit harus mempersiapkan diri dengan matang, termasuk melakukan latihan tempur. (realitarakyat)