17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Tana Lia Rampung Akhir Tahun 2020

BatasNegeri – Pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung (KTT) Kalimantan Utara (Kaltara) rampung di akhir tahun 2020.

“Alhamdulillah, saya mendapat laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, pembangunan RSP Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung (KTT) Insya Allah bisa rampung di akhir tahun 2020 ini,” kata Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Minggu (26/7/2020).

Tahap konstruksi saat ini mulai memasuki pemancangan tiang penopang bangunan. Seluruh material yang diperlukan dipastikan telah tersedia.

“Alhamdulillah, meski kita masih dalam masa pandemi COVID-19, pembangunan fasilitas untuk masyarakat ini tidak terkendala. Saya berpesan agar yang bekerja tetap hati-hati, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

RSP Tana Lia dibangun dengan dukungan dana dari pemerintah pusat atau APBN sebesar Rp42 miliar, termasuk alat kesehatannya.

Pembangunan rumah sakit ini diusulkan sejak beberapa tahun lalu. Dengan harapan untuk semakin mendekatkan fasilitas kesehatan, sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar kecamatan tersebut.

Menurutnya ridak semua daerah di Tanah Air mendapatkan program pembangunan RSP dari pemerintah. Ini semua atas koordinasi dan komunikasi yang kuat dengan pemerintah pusat.

“Untuk itu, atas nama masyarakat Kalimantan Utara, saya ucakan terima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan,” kata Gubernur.

Untuk kesiapan sumber daya manusianya, nanti Pemprov Kaltara pun siap memfasilitasi penyiapan dokter spesialis. Dengan catatan, Dinas Kesehatan setempat bersurat ke Dinas Kesehatan Kaltara.

“Nanti kami meneruskan usulan permintaan dokter spesialis itu ke pusat. Karena Kementerian Kesehatan pada dasarnya siap mendistribusikan tenaga dokter atau tenaga spesialis,” kata Irianto.

Ditambahkannya bahwa tahun ini Pemprov Kaltara telah mengusulkan pembangunan RSP di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan ke Kementerian Kesehatan.

“Kita berharap, mudah-mudahan tahun depan dapat mulai dibangun,” kata Irianto.[*]

Antaranews