17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Inilah Sosok Polwan Penjaga Perbatasan RI-PNG

BatasNegeri Tak hanya polisi pria yang bisa menjaga daerah perbatasan. Di balik gagahnya semua personel TNI dan Polri yang menjaga perbatasan, RI-Papua Nugini (PNG) ada satu sosok yang cukup menyita perhatian.

Dialah Brigadir Polisi (Brigpol) Lusiana Taopan, yang akrab disapa Lusi. Ia bertugas di Distrik Skouw, Kabupaten Jayupura. Daerah ini memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi karena menjadi tempat perlintasan warga PNG ke Papua maupun sebaliknya.

Walaupun ia satu – satunya wanita di daerah perbatasan tersebut, Brigpol Lusi tidak hanya duduk diam dan melakukan tugas di dalam ruangan.

Ia juga turut terlibat dalam melaksanakan tugas – tugas berat seperti para personil TNI dan Polri lainnya. Bahkan tak jarang dirinya harus menjadi satu – satunya prajurit Wanita yang melakukan kegiatan Patroli daerah perbatasan.

Hal tersebut demi menjaga situasi keamanan di daerah tersebut yang terkenal sering menjadi daerah perlintasan warga secara ilegal dan juga penyelundupan senjata api maupun Narkotika.[*]

tribunnews