12 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

KRI Diponegoro-365 Distribusikan Alkes Untuk Lanal Kotabaru

BatasNegeri – KRI Diponegoro-365, dari jajaran satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II ini, merupakan Kapal Perang jenis Corvet kelas SIGMA, yang dibuat di galangan kapal Schelde, Belanda, pada tahun 2005, dan masuk jajaran TNI AL pada tahun 2007.

Selain melaksanakan tugas operasi di bawah kendali Operasi Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, KRI Diponegoro-365. Kedatangan KRI Deponegoro itu juga sekaligus melaksanakan pendistribusian bantuan alat kesehatan (Alkes), dari Mabes TNI untuk Lanal Kotabaru.

Bantuan alkes tersebut, secara simbolis diserahkan oleh Komandan Guspurla (Danguspurla) Koarmada II, Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo, M Tr (Han), CHMRP, kepada Danlanal Kotabaru, dengan disaksikan forkopimda Kotabaru, serta penyematan badge Satgas Covid-19 kepada perwira kesehatan dan POMAL Lanal Kotabaru.

Danguspurla Koarmada II mengatakan, kehadirannya tersebut bersama KRI Diponegoro-365, selain melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia, juga mendapat tugas tambahan dari Pangkoarmada II untuk mendistribusikan bantuan alat kesehatan ke beberapa daerah wilayah kerja Koarmada II.

“TNI berkomitmen mendukung pemerintah untuk berperan aktif dalam percepatan penanganan Covid-19 tanpa terkecuali di Kotabaru ini. Semoga dengan bantuan alkes ini bisa membantu masyarakat melalui Lanal Kotabaru menghadapi pandemi ini,” kata Danguspurla Koarmada II kepada sejumlah awak media.

Sambung Danguspurla, pihaknya berencana dua hari sandar di Kotabaru, kemudian akan memimpin langsung pelaksanaan operasi gabungan TNI di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia.

“Di Lanal Kotabaru juga, untuk persiapan bekal logistik, sekaligus rekreasi anggota dan menjalin komunikasi sosial dengan forkopimda,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar juga menyambut baik kedatangan KRI Diponegoro ke Kotabaru.

“Tentu kita sangat berterima kasih kepada TNI Al yang telah membantu pemerintah daerah dalam menekan penanganan Covid-19 di Kotabaru dengan bantuan alkes untuk Lanal Kotabaru ini,” pungkasnya. (koranbanjar)