17 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Paksa Terobos Perbatasan, Petani Timor Leste Ditangkap TNI

BatasNegeri – Patroli rutin menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan pasukan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Terutama bagi mereka yang bertugas di daerah perbatasan.

Kali ini, Satuan Tugas (Satgas) Yonif RK 744/SYB yang berada di perbatasan Nusa Tenggara Timur dengan Timor Leste berhasil menangkap dua orang yang memaksa masuk ke Indonesia.

Kedua pelintas ilegal ini berhasil diamankan oleh pasukan TNI AD yang berada di Pos Nunura. 

“Tadi malam (Selasa 25 Agustus 2020), sekitar pukul 19.25 WITA, personil Pos Nunura melakukan patroli rutin dan berhasil mengamankan dua pelintas ilegal dari Timor Leste di Desa Tohe,” kata Dansatgas Pamtas RI-RDTL Letkol Inf Alfat Denny Andrian yang dikutip VIVA Militer dalam rilis resminya Rabu 26 Agustus 2020.

Kedua pelintas ilegal itu berinisial SK (31 thn) dan GC (32 thn). Mereka berdua diketahui berprofesi sebagai petani dan tujuan mereka ke Indonesia adalah untuk berbelanja. Tepatnya ke Pasar Sikutren atau Haikesa.

“Saat ini kedua pelintas batas ilegal tersebut sudah kami laporkan kepada pihak Imigrasi, dan pagi ini juga akan dijemput untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

Andrian juga mengimbau kepada setiap warga, baik yang berasal dari Indonesia maupun yang dari Timor Leste untuk melengkapi dokumen. Selain itu, warga yang ingin melintas diharapkan melapor jika ingin berkunjung atau memiliki keperluan yang lainnya.

“Kami tidak akan mempersulit siapapun warga yang akan saling berkunjung ataupun memiliki keperluan lainnya. Itu juga selama mereka mematuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku. Jika ini tidak dipatuhi, kami akan melakukan langkah antisipatif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” katanya. (viva)