28 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Donowudu

BatasNegeri – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu  pada Selasa (29/9/2020).

Presiden meyakini keberadaan tol ini akan membuat aliran investasi ke Sulawesi Utara, khususnya ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan tempat pariwisata strategis bisa semakin lancar.

Keyakinan ini bersumber perubahan aliran akses jalan di Sulawesi Utara, khususnya penghubung antar kawasan ekonomi. Jokowi mengatakan berdasar informasi yang dimilikinya, waktu tempuh Manado-Bitung mencapai satu setengah jam sebelum ada tol.

“Gerbang tol hanya 9 km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi, jadi sangat cepat sekali,” kata Jokowi saat meresmikan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu di Sulawesi Utara, Selasa (29/9/2020).

Selain itu, keyakinan juga ia dasarkan pada potensi ekonomi di daerah Sulawesi Utara yang besar dan beragam. Salah satunya, KEK Bitung.

Kawasan industri yang terintegrasi ini akan memungkinkan banyak sektor industri berdiri di kawasan ini.

Selain itu, kawasan ini sangat menarik karena bisa menghemat ongkos logistik bagi komoditas yang dibutuhkan dari antar sektor. Tak hanya hemat biaya logistik, waktu yang diperlukan dijamin lebih singkat dan cepat.

Bahkan, pemerintah akan membangun pelabuhan bertaraf internasional yang terhubung dengan KEK Bitung. Dengan begitu, daya saing industri pun dipastikan bakal meningkat.

“Saya kira tugasnya gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK Bitung, dan kawasan strategis pariwisata Manado-Bitung-Likupang termasuk akses ke Pulau Lembeh, semakin mudah dijangkau,” tuturnya.

Jokowi juga berharap aliran investasi bakal masuk ke sektor pertanian, perkebunan, industri perikanan, hingga pariwisata. Semuanya merupakan potensi ekonomi utama Sulawesi Utara.

“Pengembangan sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur, termasuk di dalamnya adalah jalan tol,” ucapnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung dengan panjang mencapai 40 km merupakan yang terpanjang di Pulau Sulawesi. Sebelumnya, jalan tol sudah mulai dioperasikan pada 2008, yakni dari Kawasan Industri Makassar ke Bandara Sultan Hasanuddin sepanjang 11,5 km dengan nilai investasi Rp5,2 triliun.[*]

cnnindonesia