29 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Foto - Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021

Busana Khas Suku Adat Baduy Mulai Diburu Wisatawan

BatasNegeri – Banyak wisatawan meminati setelan busana adat suku Baduy, Banten. Ini terjadi setelah Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat suku Baduy pada Sidang Tahunan MPR tanggal 16 Agustus 2021 lalu.

Pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi merupakan kain hasil tenun warga Baduy, termasuk tas Koja yang berasal dari serat kayu pohon Tereup, yang merukanan kayu lokal dari Baduy. Sementara ikat kepala atau Udeng yang dikenakan merupakan kain motif batik khas Baduy.

Wisatawan yang berkunjung ke komunitas suku adat Baduy kini mengincar pakaian adat serbahitam, penutup kepala hingga tas Koja.

Pakaian dan aksesoris Baduy itu pun memang dijual bagi wisatawan yang datang. Untuk harga ikat kepala biasanya dijual Rp 100 ribu, celana dan pakaian masing-masing Rp 200 ribu, sedangkan Koja dan golok dibandrol masing-masing seharga Rp 200 ribu.

Warga Baduy tidak membeda-bedakan siapa yang membeli pakaian khas tersebut. Termasuk ke presiden yang memesan pakaian itu. Presiden pun mengenakannya karena senang dengan desainnya yang sederhana.[*]