29 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Karhutla Terjadi Lagi di Perbatasan RI-Malaysia Namun Berhasil Ditangani Petugas

BatasNegeri – Tim gabungan berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bukit Sinduk Desa Senunuk, Kecamatan Batang Lupar, daerah perbatasan RI-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

“Ada sekitar lima hektare lahan Bukit Sinduk yang terbakar, akibat pembakaran lahan pertanian oleh warga setempat sehingga api menjalar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Gunawan, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis, 11 Agustus 2022.

Gunawan menjelaskan peristiwa kebakaran lahan tersebut terjadi, Rabu, 10 Agustus 2022, sekitar pukul 15.00 WIB, saat warga membakar ladang dan tidak bisa mengendalikan sehingga api menjalar ke lahan kosong lainnya, hingga malam hari.

Untuk mengatasi peristiwa kebakaran tersebut, Tim Satgas Karhutla kecamatan langsung bergerak memadamkan. “Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.00 WIB, malam itu juga,” jelasnya.

Menurut Gunawan Tim Satgas Karhutla kabupaten sebenarnya sudah siap juga ingin membantu pemadaman ke lokasi kejadian, tetapi sudah bisa diatasi tim kecamatan.

“Jadi berdasarkan laporan camat, api langsung bisa dipadamkan malam itu juga,” ungkapnya.

Gunawan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati dalam mengantisipasi terjadinya karhutla.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat peladang untuk lebih teliti dan melaporkan kepada petugas apabila hendak membakar lahan, hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya karhutla. (medcom)