19 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

KSAL Pastikan Tegakan Kedaulatan dan Hukum di Seluruh Wilayah Perbatasan Indonesia

BatasNegeri – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali memastikan, akan menjalankan pesan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menegakkan kedaulatan dan hukum di laut. Ali menegaskan, bahwa hal itu utamanya akan dilakukan di wilayah perbatasan.

Hal tersebut disampaikan Laksamana Muhammad Ali sesuai dilantik menjadi KSAL oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu, (28/12/2022).

“Jadi bapak presiden (Jokowi) sudah ditekankan bahwa penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut, terutama di wilayah perbatasan dimana saja,” kata Ali seusai dilantik.

Ali menekankan, penegakkan hukum dan kedaulatan di wilayah laut perbatasan tak hanya dilakukan di Laut China Selatan (LCS). Ali mengungkapkan hal itu akan dilakukan di seluruh wilayah perbatasan tanah air.

“Tdak hanya di laut China Selatan, pokoknya di seluruh perbatasan laut harus ditingkatkan baik penegakan kedaulatan maupun penegakan hukum,” beber Ali.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menitipkan pesan kepada
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) yang baru yakni Laksamana Muhammad Ali. Jokowi berharap, agar Ali dapat berkonsentrasi soal urusan kedaulatan negara di laut.

“Kita tahu 2/3 Indonesia ini adalah air, adalah laut. Konsentrasi untuk kedaulatan negara utamanya di laut, itu adalah tanggung jawab besar dari KSAL baru Muhammad Ali, utamanya juga yang berkaitan dengan pulau terluar, perbatasan,” kata Jokowi usai di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Jokowi pun mengungkapkan alasannya memilih Muhammad Ali sebagai KSAL. Menurutnya, karier militer Ali tergolong mumpuni dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. (kedaipena)