13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

PLBN Sebatik, Kab. Nunukan

Belum Disepakati Malaysia, PLBN Sebatik Sulit Beroperasi

BatasNegeri – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Nyamuk Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara hingga saat ini belum beroperasi. Padahal pembangunannya sudah rampung sejak tahun 2022 lalu. Hal itu lantaran belum adanya kesepakatan antara kedua negara, Indonesia dengan Malaysia.

Plt. Kepala PLBN Sei Nyamuk, Sebatik, Hariman Latuconsina mengatakan saat ini pemerintah Indonesia dan Malaysia masih melakukan komunikasi terkait kegiatan antar kedua negara melalui PLBN tersebut.

”Kalau untuk peresmian dan operasional kami harapkan bisa seiring sejalan, namun untuk operasionalnya, ini masih ada perdebatan antara pemerintah kita dengan Malaysia,” ucapnya, Selasa (6/2/2024).

Mengingat PLBN ini belum difungsikan, bangunan megah yang berdiri tepat di garis perbatasan ini dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat wisata. Namun demikian, hanya diperbolehkan di luar gedung, karena PLBN ini juga belum diresmikan.  

”Nanti di dalam berkantor di sini seperti bea cukai, imigrasi dan karantina. Memang tujuannya ini dibangun untuk memudahkan masyarakat, jadi terpadu tidak lagi dari sini ke sana baru ke sini lagi, memang itu tujuan Pak Presiden memudahkan pelayanan,” ujarnya.

Hariman menyebut, pos lintas batas negara  ini akan menjadi pintu gerbang ekonomi perbatasan Indonesia dengan Malaysia, guna memperkuat kedaulatan NKRI di mata negara tetangga.[*]

rri.co.id