13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapal TNI AL Kawal Logistik Pemilu Pulau Terdepan

BatasNegeri – TNI AL melalui Komando Armada III (Koarmada III) mengerahkan KRI Teluk Wondama 527 mengawal distribusi logistik Pemilu 2024. Pendistribusian logistik Pemilu mengarah ke pulau-pulau terdepan dan terpencil. 

Komandan KRI Teluk Wondama 527, Letkol Laut (P) Sriadi mengatakan, pekan ini jalur distribusinya ke Papua, dan Maluku. Salah satunya yaitu pendistribusian logistik dari Dermaga Tawiri Ambon ke wilayah Maluku Barat Daya.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan atas perintah Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Hersan. Dalam rangka mendukung mendistribusikan logistik di 13 titik wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya,” kata Sriadi dalam keterangan tertulis, Minggu (11/2/2024). 

Sriadi menjelaskan, dalam pelaksanaan pendistribusian tersebut, juga diikuti sejumlah pihak terkait. Di antaranya dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), hingga TNI/Polri. 

“Adapun rute pertama pendistribusian logistik dimulai dari wilayah Maluku Barat Daya yang dilaksanakan di perairan Pelabuhan Pulau Moa. Kemudian ke Pulau Kisar, dan selanjutnya logistik didistribusikan ke 11 lokasi lainnya,” ucap Sriadi. 

TNI AL juga juga dibantu beberapa perahu kecil dalam pendistribusian logistik pemilu tersebut. Karena tidak semua logistik dapat diturunkan langsung di dermaga setempat, dikarenakan tidak semua dermaga memadai disandari kapal besar. 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali menyatakan, siap mendukung pengiriman logistik Pemilu ke pulau-pulau terdepan dan terpencil. “Dilakukan pesawat udara atau lewat darat,” ujarnya.[*]

rri.co.id