13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Nilai Investasinya Rp6,8 Triliun, Kawasan Ekonomi Khusus di Maluku Utara Ini Berdayakan Masyarakat Lokal

BatasNegeri – Maluku Utara merupakan daerah yang kaya akan potensi sumber daya alamnya. Melalui sumber daya alamnya, Maluku Utara menjadi salah satu tempat tujuan wisata dan menghasilkan berbagai komoditi perikanan.

Karena itu, Pemerintah membangun sebuah Kawasan Ekonomi Khusus di wilayah urung utara Indonesia ini. Kawasan Ekonomi Khusus tersebut dikenal dengan nama KEK Morotai yang berada di Pulau Morotai. Kawasan ini mencakup industri pengolahan, pariwisata, perdagangan, budidaya, pemasaran, dan distribusi hasil laut.

Dilansir inNalar.com dari kppip.go.id, untuk menjadikan area ini sebagai kawasan ekonomi khusus, dana investasi yang diserap mencapai Rp6,8 triliun. Salah satu perusahaan yang berinvestasi di kawasan ini adalah PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya PT Jababeka Morotai.

Kawasan seluas 1.500 hektar ini memilik keunggulan geostrategis, historis, dan wisata bahari bawah laut yang menawan. Diketahui bahwa pengelolaan kawasan ini dipercayakan kepada PT Jababeka Morotai.

PT Jababeka Morotai berkolaborasi dengan Perempuan Indonesia Maju melalui penandatanganan MoU.

Keduanya berkolaborasi untuk melakukan pemasaran dengan mencari atau mengumpulkan investor guna perkembangan kawasan ini.

Melalui kerja sama tersebut, Perempuan Indonesia Maju memiliki rencana untuk melibatkan masyarakat lokal Morotai dalam kegiatannya.

Keterlibatan masayarakat lokal tersebut tentunya akan membuat kerjasama ini menjadi lebih baik.

Selain itu juga bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Keterlibatan tersebut berupa pembuatan makanan khas yang memang menggunakan bahan dari Morotai.

Jadi, pihak dari Perempuan Indonesia Maju bisa mengajari ibu-ibu di pulau Morotai mengenai cara pembuatan dan perhitungan bisnisnya.

Nantinya, produk tersebut bisa dijual sebagai oleh-oleh khas Morotai kepada para wisatawan.[*]

innalar.com