13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pemilu di Pulau Terluar Aceh, Distribusi Logistik Gunakan Kapal Nelayan

BatasNegeri – Dua hari menjelang pencoblosan, Komisi Pemilihan Independen (KIP) Kabupaten Aceh Besar mendistribusikan logistik pemilu ke kecamatan terluar Pulo Aceh dengan menggunakan kapal nelayan, Senin (12/2/2024).

“Hari ini kita distribusikan logistik pemilu, sehingga petugas di Kecamatan punya satu hari untuk persiapan di TPS,” kata Miswar, Komisioner KIP Kabupaten Aceh Besar kepada wartawan. Miswar menyebut, satu kapal nelayan yang digunakan untuk mengangkut logistik pemilu itu muatannya hanya khusus logistik dan petugas tanpa ada penumpang sipil lainnya.

“Kapal itu khusus kita minta dari jasa transportasi muatannya hanya logistik dan petugas dari KIP, Panwas, Polisi,TNI, dan dari pihak kecamatan saja,” sebutnya.

Untuk Pulo Aceh, sambung Miswar, KIP Aceh Besar mengirimkan 3. 225 kertas surat suara sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), 90 kotak suara, dan material pendukung untuk didistribusikan ke 18 tempat pemungutan suara.

“Untuk surat suara cadangan ada tambahan 2 persen dari jumlah 3.225 surat suara perjenis pemilihan,” beber dia.

Sementara itu, Ipda Ajie Azwardi, Kapolsek Pulo Aceh menyebutkan, untuk pengamanan logistik pemilu mulai dari Dermaga Ulee Lhee dikawal 16 personel polisi hingga tiba ke Pulo Aceh.

“Personel ada 16 orang yang mengawal mulai dari kapal hingga ke kantor kecamatan,” katanya.

Menurut Ajie, di Kecamatan Pulo Aceh tidak ada potensi kerawanan pemilu. Namun ada satu desa yang tidak memiliki sinyal ponsel dan jaraknya sekitar satu jam dari pusat kecamatan.

“Potensi rawan tidak ada, hanya saja cuaca yang menjadi kendala, karena ini lagi musim angin barat ombak besar, mudah-mudahan aman tanpa kendala,” ujarnya.[*]

Kompas.com