13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Patroli Perairan Perbatasan Negara Diintensifkan, KUPP Sungai Nyamuk Awasi Kegiatan Pelayaran

BatasNegeri – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan pengawasan di wilayah perairan di perbatasan Malaysia.

“Kita berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan serta pembinaan, agar semua dapat berjalan sesuai prosedur guna terwujudnya keselamatan dalam setiap kegiatan yang dilakukan para awak kapal,” kata Kepala KUPP Kelas III Sungai Nyamuk Syaharuddin di Nunukan, Minggu (18/2/2024).

Pulau Sebatik sebagai pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia merupakan hal yang menjadi perhatian khusus untuk melakukan pengawasan di bidang pelayaran. Kegiatan kepelabuhan perlu mendapatkan perhatian khusus dimana pelabuhan sebagai pintu gerbang ekonomi suatu daerah agar dapat maju dan berkembang.

Serta sebagai tempat masuk dan keluarnya barang atau logistik baik itu dimuat atau di bongkar dari dan ke kapal yang dapat berdampak positif bagi kemajuan suatu wilayah, khususnya Sebatik.

“Kegiatan pengawasan patroli yang intens kami lakukan untuk memastikan semua kewajiban ke negara dari pelaku usaha terselesaikan,” kata Syaharuddin dilansir dari antaranews.com pada Senin (19/2/2024)

KUPP juga tidak hentinya melakukan edukasi sehingga para awak kapal dapat memahami dengan benar pentingnya menjaga keselamatan diri di laut. Syaharuddin menambahkan bahwa sejauh ini para pelaku usaha dan awak kapal dapat memahami pengawasan atau patroli perairan yang dilakukan. Dimana kegiatan ini sebagai upaya mendorong kemajuan ekonomi di Sebatik dengan tetap mengutamakan keselamatan.

“Kami berharap semua kegiatan dilakukan sesuai prosedur dan akan selalu membimbing agar semua berjalan sesuai norma hukum,” katanya.

Tindakan tegas juga dapat KUPP lakukan bila terdapat pelanggaran hukum di bidang pelayaran setelah adanya pembinaan dan peringatan.[*]

korankaltim.com