24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Australia Berambisi Membangun Armada Laut Terbesar Sejak Perang Dunia Kedua

BatasNegeri – AUSTRALIA mengumumkan rencana 10 tahun untuk melipatgandakan armada kapal perang utamanya dan meningkatkan belanja pertahanan sebesar US$7 miliar tambahan, menghadapi perlombaan senjata yang semakin intens di Asia-Pasifik.

Dalam rencana ini, Australia akan memiliki angkatan laut sebanyak 26 kapal perang permukaan utama, naik dari 11 saat ini.

“Ini adalah armada terbesar yang akan kita miliki sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua,” kata Menteri Pertahanan Richard Marles.

Australia akan membangun enam fregat kelas Hunter, 11 fregat serbaguna, dan enam kapal perang permukaan canggih yang tidak perlu berawak. 

Setidaknya beberapa kapal akan dilengkapi dengan peluru kendali Tomahawk yang mampu melakukan serangan jarak jauh terhadap target di dalam wilayah musuh — sebuah kemampuan pencegahan utama.

Pengumuman ini datang setelah akumulasi besar-besaran kekuatan oleh saingan seperti China dan Rusia, dan di tengah konfrontasi yang semakin meningkat antara sekutu yang dipimpin AS dan pemerintahan otoriter yang semakin agresif.

Rencana ini akan membuat Australia meningkatkan belanja pertahanannya menjadi 2,4 persen dari produk domestik bruto, melampaui target dua persen yang ditetapkan oleh sekutu NATO-nya.

Beberapa kapal akan dibangun di Adelaide, menjamin lebih dari 3.000 pekerjaan, tetapi sebagian akan berasal dari desain AS dan desain yang belum diputuskan dari Spanyol, Jerman, Korea Selatan, dan Jepang.[*]

mediaindonesia.com