24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pilot Helikopter Australia Diculik di Dataran Tinggi Papua Nugini

BatasNegeri – Seorang pilot Australia dan dua pekerja lainnya telah diculik di dataran tinggi Papua Nugini (PNG) Senin sore (26/2/2024). Namun pada hari yang sama, ketiga korban penculikan tersebut telah dibebaskan.

Dalam sebuah pernyataan, Komisaris Polisi PNG David Manning mengatakan pilot dan dua teknisi Papua Nugini berada di Gunung Sisa untuk beristirahat, namun mereka disandera di sebuah lokasi yang susah sinyal.

“Karena pengerahan cepat elemen pasukan keamanan, pilot helikopter Hevilift Australia dan dua subkontraktor Papua Nugini telah dibebaskan tanpa cedera,” kata Komisaris David.

David mengatakan pasukan keamanan dalam jumlah besar telah dimobilisasi dan dikerahkan di daerah tersebut sepanjang sore untuk mencari ketiganya.

Menurutnya, kelompok yang menculik ketiga pekerja tersebut “bertindak demi tuntutan kompensasi” dan sedang dicari untuk diadili.

Dataran tinggi di Papua Nugini dalam beberapa tahun terakhir dilanda serangkaian penculikan dan kekerasan suku yang telah menewaskan ratusan orang.

Pekan lalu lebih dari 50 jenazah ditemukan di pinggir jalanan utama, akibat bentrok antar suku.

Pemerintah Papua Nugini pun mendapatkan tekanan besar untuk meningkatkan sumber daya keamanan di wilayah tersebut, dan mengatasi meningkatnya pelanggaran hukum.

“Saya ingin mengonfirmasikan kepada semua orang bahwa kejahatan tidak akan membuahkan hasil, hal ini pada akhirnya berujung pada penangkapan. Jadi hargai penduduk setempat,” kata Marape.[*]

berbagai sumber