24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Tuduh China Tuang Sianida ke Laut, Filipina Ngamuk

BatasNegeri – Sengketa di Laut China Selatan makin panas. Filipina murka dan menuduh China menggunakan sianida untuk menghancurkan karang penanda perbatasan kedua negara.

The Philippine Star memberitakan bahwa Biro Perikanan dan Sumber Daya Air Filipina (BFAR) mengaku memiliki bukti bahwa nelayan China menuang sianida ke laut untuk menghancurkan Scarborough Shoal, atol yang menjadi tanda perbatasan Filipina dan China.

Badan pemerintah Filipina tersebut mengklaim tindakan kapal China bisa menimbulkan kerugian hingga US$ 17,8 juta.

“Nelayan-nelayan China ini menggunakan sianida. Mereka secara sengaja menghancurkan Bajo de Masinloc [nama yang digunakan Filipina untuk Scarborough Shoal] untuk mencegah kapal Filipina mencari ikan di area tersebut,” kata juru bicara BFAR, Nazario Briguera, seperti dikutip pada Selasa (27/2/2024).

Namun, korps penjaga pantai Filipina tidak yakin pelaku penuangan sianida adalah nelayan China.

“Kami tidak punya studi ilmiah atau bukti apapun yang menunjukkan bahwa pelaku pemancingan sianida adalah nelayan China atau Vietnam,” kata Komodor Jay Tarriela.

Futurism menjelaskan bahwa Scarborough Shoal adalah atol yang letaknya sekitar 200 kilometer dari Filipina. Wilayah tersebut menjadi sumber pangan dan penghasilan sekitar 385.300 orang. Sekitar 275.520 ton ikan ditangkap di sekitar Scarborough Shoal tiap tahun.

Alasan karang tersebut menjadi pusat sengketa antara China dan Filipina adalah kekayaan hasil lautnya. Selain itu, atol tersebut memiliki laguna yang bisa menjadi tempat berlindung bagi kapal nelayan di tengah cuaca buruk.

Pemancingan menggunakan sianida diketahui sempat digunakan oleh nelayan Filipina pada masa lalu untuk melumpuhkan atau membunuh ikan. Namun, metode ini mulai ditinggalkan karena merusak terumbu karang.

“Setiap ikan yang ditangkap menggunakan sianida merusak satu meter persegi terumbu karang,” kata Sam Mamauag dari International Marinelife Alliance.[*]

cnbcindonesia.com