11 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Satgas Pamtas dan Nakes Berikan Layanan Posyandu Balita di Perbatasan

BatasNegeri – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti bersama tenaga kesehatan desa Riam Sejawak melaksanakan memberikan pelayanan posyandu bagi balitas di desa Riam Sejawak, kecamatan Ketungau Hulu , Kabupaten Sintang.

Dansatgas Pamtas Republik Indonesia-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan menjelaskan kegiatan Posyandu ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk mengawasi dan mengecek perkembangan atau pertumbuhan anak usia balita, menurunkan angka kematian bayi (AKB) dan menghindari penyakit seperti campak, polio dan hepatitis.

“Posyandu merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat diwilayah perbatasan. Kegiatan ini upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan balita atau anak yaitu dengan Posyandu.

Dansatgas menambahkan fungsi utama Posyandu balita terletak pada deteksi awal penyakit pada balita. Posyandu wajib melakukan pemantauan tumbuh kembang bayi 0-24 bulan supaya abnormalitas tumbuh kembang bayi dapat terdeteksi sejak dini karena melalui deteksi awal abnormalitas tumbuh kembang pada bayi menurunkan risiko penyakit yang lebih serius.

“Kami ingin selalu bisa membantu program Pemerintah yang dapat mensejahterakan rakyat di wilayah perbatasan, salah satunya dengan kegiatan Posyandu ini, ” pungkas Dansatgas.[*]

rri.co.id