13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Mau Tinggal dan Kerja di Pulau Ini Bakal Digaji Rp 3 M

BatasNegeri – Pulau di Skotlandia memberikan tawaran menggiurkan bagi para pencari kerja. Gaji sebesar 150.000 pound sterling atau setara Rp 3 miliar bakal diberikan bagi pencari kerja yang mau tinggal di sebuah pulau.

Skotlandia memang memiliki beberapa pulau dengan rata-rata jumlah populasi yang minim. Pulau-pulau di Skotlandia ini juga kekurangan tenaga profesional.

Salah satu tenaga yang dibutuhkan yakni tenaga kesehatan. Baru-baru ini, salah satu praktik dokter umum di Inggris yang melayani pulau-pulau Hebridean, Uist dan Bencula membuat penawaran gaji fantastis. Tujuannya agar para tenaga medis mau tinggal dan bekerja di sana.

“Bagi para profesional di bidang kesehatan, ketika Anda memilih tempat seperti Uist dan Benbecula, tempat ini sangat terpencil dalam hal pekerjaan,” ujar Gordon Jamieson, kepala eksekutif NHS Western Isles sebagaimana dilansir dari detikTravel.

Tak hanya tenaga kesehatan saja. Di Isle of Rum, para orang tua tengah mencari guru sekolah baru untuk lima murid sekolah sasar dan dua anak taman kanak-kanak. Penawaran paket senilai 68 pound sterling atau Rp 1,6 miliar.

“Kami selalu melihat siapa yang datang, orang tersebut dan keluarganya,” kata Gordon.

“Kami mencari peluang bagi para mitra, bukan hanya orang yang telah sukses. Tidak semua orang memilih untuk datang dan tinggal di komunitas pulau terpencil,” kata dia menambahkan.

Tawaran-tawaran gaji fantastis tersebut bukan isapan jempol belaka. Tawaran itu diberikan untuk mengatasi krisis pekerja di banyak layanan pedesaan.

NHS Western Isles menawarkan tarif yang ‘gila’. Mereka menarik bagi para dokter yang memiliki rasa petualangan dan hasrat untuk pengobatan pedesaan. Mereka akan melayani enam pulau di Outer Hebrides, dengan populasi gabungan sekitar 4.700 orang.

Pelamar juga nantinya akan mendapatkan biaya relokasi untuk membantu pindah ke kepulauan tersebut. Belum lagi di tambah uang golden hello hingga 10.000 pound sterling atau nyaris Rp 200 juta

Sementara itu, di Pulau Rum di Inner Hebrides, populasi penduduknya hanya 40 orang dan semuanya tinggal di sekitar Desa Kinloch. Sekolah Dasar Rum hanya memiliki lima murid, berusia lima hingga 11 tahun, dan dua anak usia tiga dan empat tahun.

Dan pada tahun 2022, Sekolah Dasar Foula yang memiliki empat murid, 16 mil dari daratan Shetland, menawarkan £ 62.000 dan sebuah rumah sewaan dengan tiga kamar tidur di pulau itu untuk 28 orang.[*]

Detik.com