12 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

M. Natsir Kongah

PPATK Tegaskan Komitmen Indonesia Lawan Pencucian Uang

BatasNegeri – PPATK menyebutkan,  babak baru bagi Indonesia dalam melawan kejahatan keuangan global. Langkah strategis ditandai dengan penetapan Indonesia sebagai anggota FATF (Financial Action Task Force).

“Penetapan Indonesia sebagai anggota FATF ke-40 di Paris beberapa waktu lalu. Merupakan suatu lompatan besar bagi bangsa Indonesia di mana kita diakui oleh dunia internasional,” kata Koordinator Kelompok Substansi Humas PPATK M. Natsir Kongah dalam perbincangan bersama PRO3 RRI, Selasa (9/4/2024).

Langkah tersebut, kata Natsir, juga ditandail dengan ditetapkannya Keputusan Presiden. Tepatnya, Perpres Nomor 14 Tahun 2024 tentang keanggotaan Indonesia dalam FATF.

Hal ini, Natsir menegaskan, menunjukkan komitmen penuh Indonesia dalam menjunjung prinsip-prinsip antipencucian uang. Sekaligus, melakukan pencegahan pendanaan terorisme secara global.

“Ditetapkannya Keputusan Presiden yaitu Perpres Nomor 14 Tahun 2024 tentang keanggotaan Indonesia dalam FATF. Menunjukan komitmen penuh Indonesia dalam menjunjung prinsip-prinsip antipencucian uang,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Natsir juga menyoroti, pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi kejahatan keuangan global. Indonesia perlu aktif dalam forum-forum internasional dan mengambil langkah konkret dalam pencegahan dan pemberantasan pencucian uang.

“Perlunya koordinasi antarlembaga yang lebih efektif dan efisien. Melalui kerja sama yang baik antarlembaga dan antar negara, Indonesia diharapkan dapat menjadi negara yang bebas pencucian uang,” ujarnya.[*]

rri.co.id