24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pj. Bupati Rote Ndao Buka Sosialisasi Lintas Batas dan Berikan Makanan Tambahan di Desa Papela

BatasNegeri – Pemerintah terus giat memberikan edukasi bagi nelayan, khususnya di wilayah perbatasan terkait aktivitas melaut yang selain memperhatikan kelestarian lingkungan perairan juga menekankan pentingnya pemahaman tentang batas-batas wilayah.

Selasa (09/04/2024), Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH membuka Sosialisasi Lintas Batas bertempat di Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Papela, Desa Papela Kecamatan Rote Timur, Provinsi Nusa Tenggara TImur (NTT). Pj, Bupati Oder Maks Sombu bersama Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto dan Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Alber Inkiriwang. Hadir pula sejumlah pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Sosilisasi Lintas Batas ini sejatinya ditujukan dalam meningkatkan pemahaman tentang bagaimana mempehatikan batas wilayah suatu negara dalam aktivitas melaut. Langkah ini juga sekaligus untuk meningkatkan partisipasi aktif nelayan dalam pengelolaan sumber daya perikanan di wilayah perbatasan.

Sosialisasi ini menjadi wadah penyampaian hal-hal terkait aktivitas di wilayah perbatasan serta ruang bagi nelayan untuk menyampaikan aspirasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman serta mendiskusikan strategi bersama dalam menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengungkapkan pentingnya memperhatikan hal-hal terkait lintas batas dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat khususnya nelayan di wilayah perbatasan. Menurutnya penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara, terutama yang tinggal di daerah terluar dapat merasakan manfaat pembangunan secara merata.

Meski demikian, Ia juga menghimbau para nelayan agar selalu memperhatikan jarak tempuh dalam aktivitas melaut termasuk penangkapan ikan. Nelayan diminta agar tidak melakukan aktivitas penangkapan ikan melewati batas wilayah yang akan menimbulkan hal-hal yang tidak dinginkan bersama.

Pemberian PMT untuk 66 Anak

Disela acara Sosialisasi Lintas Batas bagi nelayan, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda juga melakukan pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi 66 anak di Desa Papela. PMT yang dibagikan berupa Vitamin Hisap (Fitkom), Biskuit Regal Marie, Susu Kotak FT UHT, Biskuit Roma Kelapa dan Telur.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengatakan PMT yang diberikan sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi permasalahan stunting karena bermanfaat dalam memberikan nutrisi tambahan bagi anak. Ia menekankan pentingnya peran bersama dalam mengatasi permasalahan stunting.

Selain pemerintah, peran aktif keluarga, komunitas, dan semua pihak terkait dirasa sangatlah penting. Perlu peran bersama dalam memberikan perhatian dan dukungan yang dibutuhkan kepada anak-anak dalam rangka tumbuh kembang anak yang lebih baik.[*]

rotendaokab.go.id