13 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Program Guru Penggerak Mengawal Transformasi pendidikan

BatasNegeri – Guru Penggerak merupakan program prioritas Kemendikbudritek, yang di mulai dari bawah, terkhusus guru untuk mengawal transformasi pendidikan.

Kepala Balai Guru Penggerak Propinsi Papua Faturohman menjelaskan kehadiran program guru Penggerak, guru di tuntut untuk mengawal transformasi pendidikan, juga berperan penting dalam rangka ikut mendukung kurikulum merdeka belajar.

“Betapa pentingnya peran guru Penggerak, karena guru penggerak yang akan bertugas mengawal tranformasi pendidikan di daerah , sekaligus mereka juga sebagai pemimpin bagi guru – guru lainnya,”Ujar Fathurohman, Selasa ( 9/4/2024 ).

Program guru penggerak sebagai program prioritas, tentu dalam proses pembelajaran lebih fokus dan berpihak pada siswa, hal ini yang berbeda dalam proses pembelajaran dari tahun sebelumnya.

“Mengapa demikian , karena di jaman sekarang, tuntutan perkembangan pendidikan terus meningkat sehingga perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman,”Kata Fathurohman.

Sementara Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Boven Digoel, Marselina Jamlean, dengan di laksanakan sosialisasi guru Penggerak bagi para kepala sekolah maupun para guru tingkat SD dan SMP se Boven Digoel, bertujuan agar para guru dapat meningkatkan kualitas potensi diri mereka.sehingga bermuara dalam menjalankan tugas pengabdian, terkhusus kegiatan belajar mengajar dapat di laksanakan secara baik.

“Kami tentu sangat berharap dengan di laksanakan sosialisasi guru Penggerak, maka bisa memberikan motivasi dan semangat berinovasi bagi guru guna meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan masing-masing.”Tutup Marselina.[*]

rri.co.id