24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Dubes Denmark nilai Batam Punya Indikator Ekonomi yang Impresif

BatasNegeri – Kedutaan Besar Denmark di Indonesia menyebutkan Kota Batam mempunyai indikator ekonomi yang impresif, dengan lokasi geografis yang sangat strategis, berada di wilayah perbatasan negara.

Deputi 4 Bidang Pengusahaan BP Batam Wan Darussalam di Batam, Rabu (17/4/2024) mengatakan, dengan melaksanakan Forum Bisnis Maritim antara Indonesia dan Denmark dapat menimbulkan kepercayaan dalam investasi di Kota Batam.

“Karena yang datang ini sudah dari Eropa, Denmark daerah yang dikenal dengan ‘green solution’-nya,” ujar Wan.

Selain itu, dengan kondisi Batam yang berada di wilayah kepulauan, pembahasan terkait bisnis kemaritiman dinilai sangat penting dalam peningkatan ekonomi daerah.

“Batam ini daerah maritim terutama di bidang perkapalannya, karena itu menjadi tujuan utama Batam di desain daerah industri galangan kapal, pariwisata, dan jasa. Dengan adanya Denmark ini menciptakan atmosfer baru bagi perkembangan bisnis maritim,” ujar dia.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia Sten Frimodt Nielsen menyampaikan pihaknya berupaya mendatangkan para investor ke Kota Batam untuk memberikan ide-ide sumber keuntungan yang bisa didapatkan di kota itu.

“Saya sangat senang akan rencana kolaborasi ini yang bisa mendekatkan hubungan kedua negara dan para rekan. Saya harap orang datang ke sini tidak membuang banyak waktu, mereka bisa bertemu dengan mitra lokal disini dan bertukar pikiran melihat kesempatan di sini,” ujar Nielsen.

Ia menambahkan pemilihan Kota Batam untuk menjajaki bisnis kemaritiman juga dilihat dari keberhasilan Denmark dalam mendulang keuntungan dari investasi maritim di Singapura.[*]

Antara