24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapal Bendera Tanzania Terbakar di Perbatasan Singapura-Indonesia, Hanyut ke Bintan

BatasNegeri – Kapal MV Layar Anggun 8 berbendera Tanzania terbakar di perairan perbatasan Singapura-Indonesia. Kapal tersebut hanyut dan kandas hingga perairan Berakit, Bintan, Kepulauan Riau.
“Benar, kapal berbendera Tanzania, MV Layar Anggun 8 mengalami kebakaran di perairan perbatasan Singapura-Indonesia,” kata Kepala Basarnas Tanjungpinang, Slamet Riyadi saat dikonfirmasi pada Rabu (17/4/2024).

Slamet menyebut MV Layar Anggun 8 mengalami kebakaran pada Selasa (16/4/2024). Sebanyak 12 ABK kapal telah dievakuasi oleh pihak Coast Guard Singapura.

“ABK 12 orang sudah diselamatkan sama Coast Guard Singapura dan sekarang berada di Singapura. Kejadiannya Selasa kemarin sekitar pukul 17.00 WIB,” ujarnya.

Slamet menyebut kapal MV Layar Anggun 8 itu terbawa arus dan kandas di perairan Berakit. Ia menyebut informasi itu diketahui dari PLP Tanjung Uban.

“Tak ada korban jiwa. Informasinya dari PLP Tanjung Uban kebakaran kapal tersebut dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Kapal tersebut kandas di perairan Berakit, Bintan,” ujarnya.

Dilansir dari situs Kemenhub Dirjen Perhubungan Laut, Direktorat Kenavigasian bahwa Kapal MV Layar Anggun 8 terbakar di bagian ruang Mesin. Para ABK kapal telah dievakuasi oleh Singapore Coast Guard.

“Saat ini, kapal dibiarkan tanpa awak dan masih bergerak menuju Pulau Bintan, dengan potensi kandas di perairan tersebut. Posisi terakhir dilaporkan berada di Lat 01-15.43’N Long 104 29.01’E pada pukul 16.20 LT, dengan perkiraan ETA ke Pulau Bintan pukul 17.00 LT,” tulis keterangan dalam situs Kemenhub.

Kapal MV Layar Anggun 8 dalam situs Kemenhub juga disebut kehilangan kendali dengan kecepatan 0 mengarah ke Berakit, Bintan. Kapal tersebut diketahui hanyut dalam kondisi terbakar.

“Informasi dari PLP Tanjung Uban juga menyebutkan bahwa kapal terindikasi kehilangan kendali dengan kecepatan nol dan kemungkinan telah kandas di perairan dekat Tanjung Berakit. Dalam rangka memperingatkan kapal-kapal lain di sekitar area tersebut, peringatan navigasi telah diberikan oleh VTS Batam dan SROP Selat Panjang untuk berhati-hati terhadap kapal MV Layar Anggun 8 yang dalam kondisi terbakar dan bergerak menuju arah Tanjung Berakit. Posisi terkini juga menyebutkan bahwa kapal telah dilaporkan kandas di posisi Lat 01°13′ 37″ LU / Long 104°32′ 36″ BT,” tulis keterangan dalam situs Kemenhub.[*]

detik.com