24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Distribusi Tidak Merata, Papua Kekurangan Guru

BatasNegeri – Wakil Ketua DPRD Merauke Dominikus Ulukyanan mengatakan, distribusi guru di Papua tidak merata. Bahkan, bisa dikatakan, dunia pendidikan di Papua sangat kekurangan guru.

“Distribusi guru itu tidak merata, kalau yang sangat nyata itu kekurangan tenaga guru. Lalu infrastruktur, seperti di pulau-pulau itu tidak pernah ada transportasi yang datang ke sana,” kata Dominikus saat berbincang dengan PRO3 RRI, Kamis (2/5/2024).

Dominikus pun menyoroti, upah yang diberikan guru untuk memberikan pendidikan tidak sebanding dengan pengeluarannya di Papua. Bahkan, banyak guru kesulitan mencapai lokasi sekolah, karena sulit dan mahalnya biaya transportasi.

“Mereka mau mengeluarkan uang dari mana, tidak ada biaya perjalanan. Pejabat pemerintah yang tidak dapat SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) itu mungkin guru,” ucapnya.

Bahkan, Dominikus menegaskan, banyak guru di Papua meninggalkan tempat kerjanya. Hal itu, karena mereka kesulitan mendapatkan fasilitas yang layak.

“Banyak guru juga tinggalkan tempat, karena mereka merasa kesulitan. Saya pernah jadi guru hampir 30 tahun di pedalaman Papua, Lebih banyak tertumpuk di kota/kabupaten,” ujarnya.[*]​

rri.co.id