24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapal Asing Masuk Perairan Pulau Malo Perbatasan Nanusa, TNI-Polri Langsung Bergerak

BatasNegeri – Polsek Nanusa melalui Kapospol Kakorotan Bripka Malengsang bersama Bhabinsa Kopda Tedi Bawelung bersama Pemerintah Desa setempat melaksanakan Pemeriksaan terhadap Kapal Asing yang berlabuh di Pulau Malo Kecamatan Nanusa, Sabtu 4 Mei 2024. 

Kapal Asing tersebut berlabuh di perairan Kecamatan Nanusa tepatnya di belakang pulau Malo, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dan setelah di periksa milik warga Negara Inggris dengan Nama kapal SY Adventure.

Adapun Identitas penumpang kapal tersebut adalah suami – istri yang merupakan warga Negara asing tersebut Jason Anthony (58) dan Perempuan Anita Jeannette (58), keduanya beralamat di Britiz citizen.

Keduanya menyampaikan bahwa, mereka sedang melakukan pelayaran dari Sorong menuju Malaysia namun karena ada peringatan bahaya, gunung meletus dan bajak laut pada rute mereka, maka keduanya merubah rute terdekat menjadi rute memutar sehingga mereka harus melewati wilayah Sulawesi Utara wilayah Kecamatan Nanusa, filipina-malaysia.

“Namun pada saat melewati wilayah Nanusa sejak pagi cuaca kurang baik maka kami memutuskan untuk berlindung sementara di belakang Pulau Malo dan akan melanjutkan pelayaran ke perairan Filipina besok pagi,” ucap keduanya.

Kapolsek Nanusa Ipda Matrial Barahama, membenarkan hal tersebut, giat pemeriksaan kapal tersebut dilaksanakan oleh Kapospol Kakorotan Bripka Malengsang dan Bhabinsa Kopda Tedi Bawelung di dampingi Pemerintah Desa setempat, dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen berupa paspor dan kelengkapan kapal serta barang bawaan.

“Sudah merupakan tugas kami bersama instansi terkait untuk mengecek keberadaan Kapal Asing yang masuk diwilayah Perbatasan khususnya Pulau Nanusa, hal ini akan terus dipantau guna mengantisipasi terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan,” tegas Ipda Matrial Barahama.[*]

pikiran-rakyat.com