24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TMMD ke -120 Kodim 0105/ Aceh Barat Dimulai

BatasNegeri – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Desa Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat Dimulai. Diawali dengan gelar upacara pembukaan dengan inspektur upacara PJ Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi, di lapangan bola kaki Desa Manggie, Rabu (8/4/2024).

Dalam amanatnya disampaikan, bahwa TMMD merupakan sebuah wujud nyata pembangunan melalui kolaborasi Pemkab dan TNI melalui kerja nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“TMMD ini merupakan salah satu kepedulian mendorong akselerasi pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gampong,” katanya pada acara tersebut.

Dalam pembangunan ini, Pemkab Aceh Barat melalui Dinas PUPR telah mengalokasikan dana Rp1 miliar. Pembangunan ini dilakukan membuka jalan terobos Desa Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Reu sepanjang 8 kilometer dalam dua tahap.

“Tahap pertama dikerjakan 4,9 kilometer melalui TMMD ke – 120 Pemda bersama Kodim 0105/ Aceh Barat mengupayakan jalan Kuala Manyeu, Panton Reu untuk kelancaran akses masyarakat mengangkut hasil pertanian,” katanya.

Sementara itu Dandim 0105/ Aceh Barat Letkol Inf Hendra Mirza, SE, M.Si, menyampaikan, selain kegiatan fisik, TMMD ke-120 Kodim Aceh Barat juga ada kegiatan non fisik yang dilaksanakan selama 30 hari kegiatan.

“Selain kegiatan fisik membuka akses jalan terobos, kita juga melakukan kegiatan non fisik berupa sosialisasi bahaya narkoba, wawasan kebangsaan dan penyuluhan kesehatan,” kata Dandim.

Kemudian juga ada pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sumur air bersih, serta beberapa kegiatan sosial masyarakat lainnya. Selama kegiatan TNI akan menyatukan  dengan masyarakat desa untuk berbagai kegiatan di Gampong tersebut.

Tahapan pelaksanaanya, TMMD ini akan mengklasifikasikan 2 sasaran yakni bersifat Fisik dan Non Fisik. Secara rinci, sasaran Fisik akan membangun/menerobos Jalan dengan Panjang 4,9 Km dan Lebar 5 M, peningkatan Jalan (Sirtu) 1,7 Km dengan Lebar 4 M.

Pembuatan 2 Unit Jembatan sementara dengan volume Panjang 3 M x Lebar 5 M. Sementara untuk sasaran Non Fisik akan memberikan penyuluhan konvergensi stunting, wawasan kebangsaan, pertanian dan hortikultura.

Di lokasi pembukaan TMMD tersebut juga disediakan pasar murah kerjasama Pemkab Aceh Barat dengan Perum Bulog Meulaboh. Seusai membuka acara itu, PJ Bupati, Dandim, Kasrem 012/ TU dan pejabat dari Kodam IM memberikan secara simbolis bahan pangan operasi pasar kepada masyarakat Kecamatan Panton Reu.[*]

rri.co.id