24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Imigrasi Tahuna Perketat Pengawasan Orang Asing di Wilayah Perbatasan Laut Indonesia-Filipina

BatasNegeri – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, Novly T. N. Momongan didampingi Pejabat Struktural pada Kanim Tahuna terima kunjungan Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Tahuna, Bayu Suharto dan tim pada Kamis (16/5/2024).

Pertemuan ini merupakan wujud tingginya sinergitas dan kolaborasi antara Imigrasi Tahuna dengan Stasiun PSDKP Tahuna dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI khususnya di wilayah perbatasan laut Indonesia-Filipina.

Dalam pertemuan itu dibahas penanganan dan pengawasan terhadap keberadaan Orang Asing yang masuk ataupun beraktivitas di wilayah perairan Indonesia yang mungkin melakukan tindakan pelanggaran seperti ilegal fishing.

Selanjutnya, Kantor Imigrasi Tahuna dan Stasiun PSDKP Tahuna berkomitmen untuk terus bersinergi dalam hal Pengawasan dan Pengamanan wilayah perbatasan laut Indonesia – Filipina.

Dengan adanya tekad dan komitmen ini, diharapkan dapat meminimalisir potensi risiko keamanan yang timbul dari kehadiran Orang Asing serta dapat memberikan sinyal positif dalam menjaga dan melindungi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.[*]

Kompasiana